Hot Borneo

Haul ke-2 Guru Zuhdi di Masjid Harun Aliyah, Simak Ceramah Ustaz Ilham Humaidi tentang Keutamaan Basmalah

apahabar.com, BANJARBARU – Peringatan haul ke-2 KH Ahmad Zuhdiannor bin Muhammad atau Guru Zuhdi di Masjid…

Featured-Image
Ustaz Ilham Humaidi. Foto-Tangkapan Layar

bakabar.com, BANJARBARU – Peringatan haul ke-2 KH Ahmad Zuhdiannor bin Muhammad atau Guru Zuhdi di Masjid Harun Aliyah Komplek Citra Graha, Banjarbaru, Minggu (10/4) malam, berlangsung khusyuk.

Usai pembacaan syair maulid, zikir, dan doa bersama, acara haul ulama kharismatik kali ini dilanjutkan dengan ceramah agama oleh Ustaz Ilham Humaidi.

Dalam ceramahnya, Guru Ilham membacakan sepenggal isi kitab Risalatul Mu'awanah karangan Habib Abdullah bin Alawi bin Muhammad al-Haddad.

Salah satu hal penting yakni tentang keutamaan membaca basmalah.

"Setiap sesuatu yang mulia jika tidak diawali dengan bismillah, maka itu sedikit berkahnya," kata Guru Ilham.

Tapi, lanjut Guru Ilham, terdapat beberapa macam hukum membaca bismilah. Wajib ketika salat, sunnah saat melakukan hal mulia, makruh, dan pula yang haram.

"Ketika kita ingin melakukan hal makruh, membaca bismillah hukumnya tetap makruh. Begitu pula dengan hal haram, hukumnya juga akan haram," tuturnya.

Selain keutamaan basmalah, Guru Ilham juga menjelaskan tingginya derajat seseorang yang tawadhu. Setiap orang yang memiliki sifat rendah hati dan tidak sombong pasti akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT.

Pembacaan kitab ini sekaligus menjadi penanda bahwa Guru Ilham akan meneruskan pengajian rutin yang biasa dipimpin Guru Zuhdi di Masjid Harun Aliyah Kota Citra.

Semasa hidup, Abah Haji dijadwalkan mengisi pengajian di komplek elit itu setiap hari Selasa sore.

"Pengajian yang biasanya dihadiri laki-laki dan perempuan itu nanti akan diteruskan Guru Ilham Humaidi setelah memasuki bulan Syawal," pengumuman H Norhin, pengelola Masjid Harun Aliyah usai acara haul.



Komentar
Banner
Banner