Hot Borneo

Haul Datu Sanggul Ke-257, Puluhan Ribu Jemaah Memadati Tatakan Tapin

apahabar.com, RANTAU – Haul Syekh Muhammad Abdussamad Sirajul Huda (Datu Sanggul) ke-257 di Desa Tatakan, Tapin,…

Featured-Image
Ribuan jemaah memadati area masuk menuju Kubah Datu Sanggul di Desa Tatakan, Kecamatan Tapin Selatan, Rabu (27/7). Foto: apahabar.com/Sandy

bakabar.com, RANTAU – Haul Syekh Muhammad Abdussamad Sirajul Huda (Datu Sanggul) ke-257 di Desa Tatakan, Tapin, Rabu (27/7), dipadati puluhan ribu jemaah.

Ribuan jemaah yang terdiri dari anak-anak sampai orang dewasa, terlihat memadati halaman Makam Datu Sanggul sejak pagi.

Jemaah yang datang pun tidak hanya dari Tapin. Tak sedikit jemaah dari kabupaten/kota tetangga, termasuk Kalimantan Tengah dan Timur.

“Alhamdulillah haul berjalan lancar berkat kerjasama, serta arahan alim ulama, tokoh-tokoh masyarakat dan pemerintah,” papar Ilhamsyah, Ketua Panitia Haul Datu Sanggul ke-257.

“Kami sekaligus berterima kasih kepada semua jemaah, donatur, panitia dan relawan yang membuat pelaksanaan haul berjalan lancar,” imbuhnya.

Adapun jemaah yang hadir diperkirakan puluhan ribu orang. Estimasi ini dihitung berdasarkan nasi bungkus yang habis dibagikan.

“Kami menyediakan nasi bungkus untuk jemaah sebanyak 15.000, ditambah nasi bungkus dari sejumlah dermawan. Total sekitar 20.000 bungkus dan semuanya habis dibagikan,” jelas Ilhamsyah.

Sementara untuk menjaga keamanan dan kenyamanan jemaah, terlibat sedikitnya 450 personel gabungan dari TNI, Polri, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan relawan.

“Kesuksesan pelaksanaan haul tidak terlepas dari kesadaran jemaah untuk mengikuti dan menyesuaikan diri dengan arahan panitia,” sahut Kapolres Tapin AKBP Ernesto Saiser.

“Kami juga berterima kasih untuk seluruh panitia dan petugas gabungan yang sudah bekerja keras di lapangan,” sambungnya.

Mengingat jumlah jemaah haul terus bertambah setiap tahun, pengelola Kubah Datu Sanggul berencana memperlebar area publik.

“Sesuai dengan situasi sekarang, kami berharap bisa memperluas area untuk jemaah. Terlebih jemaah yang hadir setiap tahun selalu meningkat,” tandas Ilhamsyah.

img

Suasana peringatan haul ke-257 Datu Sanggul di Desa Tatakan, Kecamatan Tapin Selatan, Rabu (27/7). Foto: bakabar.com/Sandy



Komentar
Banner
Banner