Tak Berkategori

Hasil Uji Petik, KSOP Kelas 1 Banjarmasin Temukan Dua Kapal Perlu Dicek Ulang

apahabar.com, BANJARMASIN – Memasuki arus mudik lebaran 2019, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Banjarmasin…

Featured-Image
Ilustrasi kapal laut. Foto – Net

bakabar.com, BANJARMASIN – Memasuki arus mudik lebaran 2019, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Banjarmasin telah melakukan uji petik terhadap sejumlahkapal dari berbagai perusahaan pelayaran yang memberi jasa angkut penumpang.

Sedikitnya sembilan kapal yang telah dilakukan uji petik KSOP Kelas 1 Banjarmasin. Alhasil, terdapat dua kapal yang dinilai akan dilakukan pengecekan ulang.

Di antaranya, KM Kirana IX milik PT Dharma Lautan Utama (DLU) pada 24 April 2019 lalu dan KM Nikie Barokah milik PT. Berlian pada Rabu 6 Mei 2019.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan terdapatbeberapa hal yang perlu diperbaiki. Nantinya, akan dilakukan pengecekan ulang. Apakah sudah diperbaiki sesuai dengan rekomendasi kita,” ucap Kasubag Umum dan Humas Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Banjarmasin, Muhammad Ichsan kepadabakabar.com, Kamis (16/5/2019).

Kendati demikian, secara umum kondisi kapal telah layak melayani penumpang arus mudik lebaran 2019 mendatang. Meskipun, terdapat beberapa perihal kecil yang mesti diperhatikan, seperti jumlah left jacket dan perlengkapan kapal kurang berfungsi.

Terkait kondisi cuaca, berdasarkan rapat finalisasi antara KSOP Kelas 1 Banjarmasin dan stakeholder lainnya, terdapat masukan dari TNI Angkatan Laut, bahwa akan ada angin timur. Sehingga, gelombang sedikit tinggi. Namun, pihaknya juga masih menunggu laporan dari Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Tentunya, kita akan terus memberikan informasi kepada armada pelayaran, apabila kondisi cuaca tak layak, kita tak memberikan izin untuk berlayar. Ini untuk keselamatan penumpang,” tegasnya.

Sekedar diketahui, KSOP Kelas 1 Banjarmasin telah melakukan rapat koordinasi dari tanggal 14-16 Mei 2019. Rapat kegiatan itu menyambut angkutan arus mudik lebaran 2019.

Pihaknya telah mengundang seluruh stakeholder terkait, baik dari operator terminal maupun kapal. Berdasarkan laporan, seluruh operator telah siap mengerahkan armada dengan baik. Pastinya dikoordinatori oleh KSOP Kelas 1 Banjarmasin.

“Kita harapkan proses arus mudik lebaran dapat berjalan dengan lancar,” harapnya.

Pihaknya juga telah menyiapkan posko terpadu di wilayah Pelindo III yang terdiri dari gabungan seluruh stakeholder.

Baca Juga:Pemudik Gunakan Kapal Laut di Kalteng Diprediksi Meningkat

Baca Juga:33 BUMN Siapkan 35.505 Tiket Mudik Gratis dengan Kapal Pelni

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner