Sport

Hasil MotoGP Catalunya: Quartararo Juara, Aleix Espargaro Salah Hitung Lap

apahabar.com, BARCELONA – Diwarnai drama kesalahan Aleix Espargaro, Fabio Quartararo memenangi MotoGP Catalunya di Sirkuit Barcelona,…

Featured-Image
Fabio Quartararo memenangi MotoGP Catalunya untuk mempertahankan posisi teratas di klasemen sementara. Foto: BolaSport

bakabar.com, BARCELONA – Diwarnai drama kesalahan Aleix Espargaro, Fabio Quartararo memenangi MotoGP Catalunya di Sirkuit Barcelona, Minggu (5/6).

Balapan sudah dimulai dengan drama, ketika Takaaki Nakagami tergelincir di dekat di tikungan pertama selepas start.

Ironisnya pebalap LCR Honda tersebut tak terjatuh sendiri, tetapi menyeret Alex Rins dan Francesco Bagnaia.

Dari tayangan ulang, Alex Rins sempat terlempar ke udara, sebelum terhempas ke aspal dengan posisi punggung lebih dulu.

Ketiga pebalap itu harus mengakhiri balapan lebih dini. Tak lama kemudian, Stefan Bradl juga terjatuh dan gagal meneruskan balapan.

Sebaliknya Fabio Quartararo berhasil mencuri kesempatan untuk langsung memimpin selepas start. Pebalap Monster Energy Yamaha ini meninggalkan Aleix Espargaro.

Selain kehilangan posisi pole, Aleix Espargaro juga harus menyerahkan peringkat kedua kepada Jorge Martin yang terus menempel selepas start.

Selanjutnya Fabio Quartararo terus memperlebar jarak. Hingga lap 6, pebalap kelahiran Prancis ini sudah unggul 2,012 detik atas Jorge Martin.

Memasuki lap 9, Enea Bastianini kehilangan kesempatan menambah poin. Penghuni peringkat tiga klasemen sementara ini tergelincir dan terhenti di gravel.

15 lap tersisa, Aleix Espargaro akhirnya kembali mengklaim peringkat kedua. Namun jarak dengan Fabio Quartararo sudah mencapai 3,300 detik.

Akan tetapi di lap 16 atau 9 putaran tersisa, Jorge Martin berhasil memanfaatkan tenaga gahar Ducati di trek lurus, lalu menyalip Aleix Espargaro di dekat tikungan.

Hingga 6 lap tersisa, Fabio Quartararo semakin nyaman memimpin dengan keunggulan 5.199 detik di depan Jorge Martin.

Sementara Aleix Espargaro yang mengalami cukup banyak degradasi ban, juga tak mampu menjauh dari kejaran Johan Zarco.

Adapun peringkat kelima diisi Joan Mir yang diikuti Luca Marini, Maverick Vinales, Brad Binder, Miguel Oliveira dan Alex Marquez untuk melengkapi sepuluh besar.

Namun pertarungan memperebutkan podium kedua belum berakhir. Aleix Espargaro memanfaatkan kesalahan Jorge Martin yang sedikit melebar untuk melakukan overtaking di lap 21 atau 4 putaran tersisa.

Kejadian aneh lantas terjadi di lap terakhir. Aleix Espargaro tiba-tiba melambat dan membiarkan disalip lima pebalap lain.

Dari gestur yang diperlihatkan di atas motor, Aleix Espargaro tampaknya salah melihat papan penghitung jumlah lap.

Pria Spanyol itu diduga mengira balapan telah selesai dan sontak melambaikan tangan, meski sebenarnya masih tersisa setengah lap lagi.

Sadar telah melakukan kesalahan, Aleix Espargaro kembali tancap gas dan berhasil menyalip Luca Marini untuk finis di urutan kelima.

Kesalahan Aleix Espargaro membuat Jorge Martin dan Johan Zarco naik podium. Sedangkan Joan Mir mengamankan peringkat keempat.



Komentar
Banner
Banner