Nasional

Hari Terakhir Cuti Bersama, Sampah Berserakan di Pantai Ujung Pandaran Kotim

Hari terakhir cuti bersama Natal 2023, Selasa (26/12), banyak sampah berserakan di Pantai Ujung Pandaran.

Featured-Image
Hari terakhir cuti bersama Natal 2023, Selasa (26/12), banyak sampah berserakan di Pantai Ujung Pandaran. Foto: apahabar.com/Ilhamsyah Hadi

bakabar.com, SAMPIT - Hari terakhir cuti bersama Natal 2023, Selasa (26/12), banyak sampah berserakan di Pantai Ujung Pandaran.

Situasi tersebut terbilang memprihatinkan, mengingat Pantai Ujung Pandaran termasuk salah satu unggulan destinasi wisata alam di Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng).

Bahkan hampir di sepanjang pantai, ditemukan sampah berserakan. Mulai dari botol air mineral, gelas plastik, bungkus mi instan, dan popok. Juga tampak botol kaca yang bisa membahayakan pengunjung, seandainya pecah terinjak.

"Saya melihat bekas popok, botol minuman dan sampah plastik lain. Sayang sekali karena kebersihan pantai seharusnya dijaga," papar Fahriza, salah seorang pengunjung yang ditemui bakabar.com.

Hal senada diungkapkan pengunjung lain bernama Dandi. Selain prihatin dengan kesadaran masyarakat, pengelola juga semestinya menyediakan banyak tempat sampah di sekitar pantai dan tempat penginapan.

"Kotim punya pantai yang indah. Seharusnya pemerintah kecamatan, desa, termasuk pengelola, memperhatikan kebersihan pantai dengan menyediakan banyak tempat sampah," ungkap Dandi.

"Kalau sudah tersedia banyak tempat sampah, saya yakin masyarakat juga tidak akan membuang sampah sembarangan," sambungnya.

Dalam pantauan bakabar.com di hari terakhir cuti bersama Natal 2023, Pantai Ujung Pandaran di Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, tidak begitu padat pengunjung.

Meski demikian, momen cuti bersama tetap menjadi berkah pemilik penginapan. Penyebabnya banyak warga yang datang menyewa dibandingkan hari biasa. Pun pedagang kaki lima, baik makanan, minuman dan pakaian.

Editor


Komentar
Banner
Banner