Tak Berkategori

Hari Pertama Kerja, Pelayanan KPP Pratama Banjarmasin Minim Pengunjung

apahabar.com, BANJARMASIN – Hari pertama masuk kerja pasca libur panjang, Pelayanan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) dan…

Featured-Image
Pelayanan di KPP Banjarmasin. Foto-Antara

bakabar.com, BANJARMASIN – Hari pertama masuk kerja pasca libur panjang, Pelayanan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) di KPP Pratama Banjarmasin Utara tampak sepi.

Berdasarkan pantauan bakabar.com di lapangan, hanya terdapat satu hingga dua orang para wajib pajak yang duduk mengantri di KPP Pratama Banjarmasin Utara.
Kursi antrian pun terlihat kosong. Sedikitnya, terdapat 4-5 orang pelayan yang duduk manis di balik meja berwarna kuning dan biru tersebut.

“SPT itu akan ada dua macam, yakni SPT masa dan tahun. Kalau yang rutin itu masa. Sekarang sepi karena sudah menggunakan sistem online,” ucap Kepala KPP Pratama Banjarmasin, M Junaidi kepada bakabar.com, Senin (10/6).

Kondisi itu dinilai berbanding terbalik dengan beberapa tahun lalu yang pada saat tanggal tertentu pasti dipenuhi oleh para wajib pajak. Mengingat, sebagian para wajib pajak (WP) telah melaporkan SPT masa secara online di www.pajak.go.id.

“Kalau SPT tahunan kan ramainya pada bulan Maret dan April. Ini kan sudah lewat,” cetusnya.

Kebanyakan yang datang langsung di KPP Pratama Banjarmasin, yakni mereka yang mau membuat NPWP. Lantaran, membuat NPWP dengan datang langsung di tempat pelayanan jauh lebih cepat dibandingkan melalui sistem online.

“Kalau datang langsung hanya dalam satu jam. Tapi, kalau lewat online mesti menunggu selama 30 hari,” tambah dia.

Adapun di hari pertama pelayanan, jumlah para wajib pajak yang datang ke KPP Pratama Banjarmasin sebanyak kurang lebih 50 orang.

“Tapi itu jumlah normal mas, karena hari-hari biasa juga seperti itu. Semua dipengaruhi oleh sistem online tadi,” tutupnya.

Sekedar diketahui, KPP Pratama Banjarmasin Utara melayani para wajib pajak (WP) di wilayah Kecamatan Banjarmasin Utara, Banjarmasin Barat dan Kabupaten Barito Kuala (Batola).

Baca Juga:Pasca Libur Lebaran, Bupati HSS Ajukan 3 Raperda

Baca Juga:Sidak PNS Bolos, Bupati Balangan Siapkan Sanksi Tegas

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner