Hari Pers Nasional 2023, Ini 6 Film Menarik tentang Dunia Wartawan

Setiap tanggal 9 Februari diperingati sebagai Hari Pers Nasional. Peringatan ini ditunjukan kepada peran dan keberadaan pers di lingkup nasional.

Featured-Image
Film Shattered Glass (2003). Foto-Net

bakabar.com, BANJARMASIN - Setiap tanggal 9 Februari diperingati sebagai Hari Pers Nasional. Peringatan ini ditunjukan kepada peran dan keberadaan pers di lingkup nasional.

Berbicara mengenai pers, 6 film bertemakan tentang jurnalis ini bisa menjadi rekomandasimu untuk mengambil pelajaran di dalamnya.

1. All the President’s Men (1976)

Film ini mengisahkan tentang perjuangan dua orang wartawan dalam melakukan investigasi yang awalnya menemui banyak hambatan.

Bob Woodward (Charles Robert Redford) dan Carl Bernstein (Dustin Hoffman) mempertaruhkan hidup mereka untuk membongkar skandal besar yang melibatkan calon presiden Richard Nixon.

All the President’s Men sendiri diadaptasi dari novel Bob Woodward dan Carl Bernstein dengan judul sama.

Film yang diangkat dari kisah nyata ini menjadi karya klasik dari sutradara Alan J. Pakula dan penulis skenario William Goldman.

Film yang satu ini memberikan edukasi kepada penontonnya tentang kebebasan pers dan integritas jurnalis untuk menjaga masyarakat dari tindakan kesewenang-wenangan pemerintah.

2. The Insider (1999)

Film The Insider merupakan kisah nyata seorang bernama Jeffrey Wigand. Kisahnya ditulis oleh Marie Brenner dalam sebuah buku berjudul The Man Who Knew Too Much.

The Insuder merupakan film drama klasik yang dibintangi oleh Michael Mann yang bercerita tentang profesionalisme, keahlian, dan integritas.

Jeffrey Wigand (Rusekk Crowe) dan produser 60 Minutes Lowell Bergman (Al Pacino) ingin membocorkan informasi kepada publik tentang kebohongan di balik perusahaan tembakau Brown & Williamson (B&W). Dari sini, mereka mendapatkan serangkaian ancaman bahaya dari B&W.

The Insider menjadi film yang mengekplorasi sebuah konspirasi dan peliknya penyebaran kebenaran yang disembunyikan dari publik.

3. Shattered Glass (2003)

Stephen Randall Glass (Hayden Christensen) seorang jurnalis muda yang punya gaya tutur khas dan memiliki hubungan baik dengan rekan-rekan kerjanya.

Dari majalah The New Republic, ia membangun reputasi sebagai jurnalis muda berbakat. Tetapi ternyata ia mengarang artikel-artikelnya.

Penelusuran fakta yang dilakukan oleh Adam Panenberg (Steve Zahn), editor Forbes Digital, terhadap artikel Hack Heave yang ditulis oleh Stephen, mengungkap kebohongan jurnalis muda itu. Kariernya kemudian berakhir.

Film ini diadaptasi dari kisah nyata seorang jurnalis muda di Amerika Serikat, yang menjadi pengingat untuk selalu jujur dan tidak merusak integritas.

4. Zodiac (2007)

Film thriller misteri ini bercerita tentang seorang kartunis Robert Graysmith (Jake Gyllenhaal) dan reporter kriminal Paul Arvey (Robert Downey Jr).

Mereka melakukan penyelidikan untuk mengungkap kasus pembunuhan berantai yang menamakan dirinya Zodiac Killer.

5. Spotlight (2015)

Film ini bercerita tentang perusahaan media The Boston Globeyang punya tim Spotlight.

Tim ini bekerja khusus untuk mengangkat berita yang terabaikan. Tim Spotlight beranggotakan Walter “Robby” Robbinson (Michael Keaton), Michael Rezendes (Mark Ruffalo), Sacha Pfeiffer (Rachel McAdams), dan Matt Caroll (Brian d’Arcy).

Benang merah dari film ini, mereka berusaha mengungkap kabar tentang pelecehan seksual yang dilakukan oleh pastor terhadap anak-anak.

Spotlight menjadi film yang menggambarkan cara kerja jurnalis investigasi dalam mengeksplorasi pencarian fakta-fakta yang ada. Selain itu, film ini juga diganjar penghargaan film terbaik dalam Academy Awards 2016.

6. The Post (2017)

Film ini menceritakan keputusan penting The Washington Post untuk menerbitkan Pentagon Papers yang menjadi dokumen rahasia pada 1971.

Fokus ceritanya pada Katharine Graham (Meryl Streep) sebagai penerbit Washington Post dan Ben Bradlee (Tom Hanks) sebagai editor surat kabar tersebut. Mereka dekat dengan pejabat pemerintah, dan harus menghadapi dilema untuk menerbitkan Pentagon Papers yang mengungkap tindakan pemerintah menutup-nutupi kontroversi Perang Vietnam.

Ini adalah salah satu film yang sangat penting karena menunjukkan betapa pemilik surat kabar cenderung menghindari risiko, dan jarang sejalan atau setuju dengan karyawannya. Ambisi dan kehati-hatian bercampur, tetapi, pada akhirnya, dalam kasus ini, keputusan yang tepat akan dibuat.

Nah, itulah 6 film bertemakan jurnali. Yang mana nih film favorite mu?

Editor


Komentar
Banner
Banner