Kalsel

Hari Perhubungan Nasional, KSOP Kelas 1 Banjarmasin Gaungkan Program Padat Karya

apahabar.com, BANJARMASIN – Dalam rangka Hari Perhubungan Nasional 2020, pemerintah, Badan Usaha Milik Negara maupun swasta…

Featured-Image
KSOP Kelas 1 Banjarmasin saat menggelar kegiatan padat karya. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Dalam rangka Hari Perhubungan Nasional 2020, pemerintah, Badan Usaha Milik Negara maupun swasta menggelar program padat karya dan bagi sembako gratis di wilayah kerja khususnya area ring 1 KSOP Banjarmasin.

"Padat karya ini adalah hasil arahan Menteri Perhubungan yang meminta semua Direktorat Jenderal menginventarisasi anggaran untuk kegiatan khusus padat karya. Berdasarkan penekanan Presiden bahwa kita harus segera menghidupkan ekonomi masyarakat yang terdampak Covid-19," ucap Kepala KSOP Kelas 1 Banjarmasin, Rivolindo, selaku inspektur upacara saat menyampaikan amanat Menteri Perhubungan pada Apel Harhubnas 2020, Kamis (17/9) kemarin.

Apel Harhubnas 2020 kali ini diikuti seluruh jajaran dengan mengenakan pakai adat khas Banjarmasin. Adapun tema yang diangkat kali ini “Wujudkan Asa, Majukan Indonesia”.

Program padat karya ini diikuti kurang lebih 100 orang warga di sekitar pelabuhan Banjarmasin dengan besaran upah tiap orang per harinya sebesar Rp 140 ribu selama program ini berlangsung.

“Hari ini dan seterusnya akan bermanfaat, baik untuk masyarakat sekitar maupun pemerintah. Karena pekerjaan yang sifatnya perawatan prasarana dalam hal kebersihan setiap sudut area maupun jalan, akan bermanfaat kembali terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata
Regional Manager SDM & Umum PT. Pelindo III Regional Kalimantan, Wahyu Eko Yulianto.

Selain kegiatan padat karya, momentum Harhubnas 2020 kali ini juga diisi dengan pembagian masker kepada tenaga kerja bongkar muat.

Kemudian, pembagian sembako gratis kepada warga yang bermukim di sekitar wilayah kerja KSOP Kelas I Banjarmasin khususnya di Muara Sungai Basirih.

Dengan menggunakan kapal patroli milik KSOP, seluruh peserta ikut turun langsung menyalurkan bantuan tersebut kepada warga sekitar.

Totalnya sejumlah 1.000 paket sembako didistribusikan kepada warga sekitar, panti asuhan, dan pondok pesantren.

“Dan dibagi dalam beberapa sesi, tujuannya agar warga yang terdampak Pandemi Covid-19 dapat terbantu dalam hal kesejahteraan, khususnya dalam hal pangan,” pungkas Ketua APBMI DPW Kalsel, Uzlah.

Dalam kegiatan itu, berhadir pula pengiat bisnis kepelabuhanan dari BUMN, swasta maupun asosiasi.

Di antaranya PT. Pelindo III Regional Kalimantan, UPT Ditjen Hubla, Dishub Kalsel, Dishub Banjarmasin, Mako Lanal Banjarmasin, Ditpolair, Ambapers, dan Adaro.

Kemudian, Hasnur Group, Ambapers, APBMI DPW Klasel, ALFI DPW Kalsel, MASADA, MBJ, MSR, PBM Lambang Jaya, Koperasi Indonesia, SBB, Indoneisa MPT, Stevedoring TATA, MNUS Agencies, ITL, Shipping RARA dan lainnya.



Komentar
Banner
Banner