Kalsel

Hari Museum Indonesia 2021 di Kalsel, Ratusan Benda Pusaka Dipamerkan

apahabar.com, BANJARMASIN – Tepat pada momentum peringatan Hari Museum Indonesia 2021, ratusan benda pusaka yang ada…

Featured-Image
Ratusan benda pusaka dipamerkan di Museum Wasaka Banjarmasin, Senin (11/10). Foto-apahabar/Riki

bakabar.com, BANJARMASIN – Tepat pada momentum peringatan Hari Museum Indonesia 2021, ratusan benda pusaka yang ada di Kalimantan Selatan dipamerkan di Museum Waja Sampai Kaputing (Wasaka) Banjarmasin, Senin (11/10).

Anggota Museum Wasaka, Faisal Imron menjelaskan pameran budaya benda pusaka ini bertujuan untuk mengenalkan dan memberi edukasi kepada publik.

"Dengan seringnya kita mengenalkan benda-benda pusaka lewat pameran budaya ini, masyarakat bisa mengetahui makna dari sebuah senjata," ucapnya.

Pantauan media ini, beragam alat dipamerkan mulai dari keris, parang, mandau dan sejumlah alat tradisional lainnya.

Bahkan, ratusan benda yang dipamerkan itu bukan hanya berasal dari Museum Wasaka, melainkan juga dari Museum Lambung Mangkurat Banjarbaru, Museum Rakyat Hulu Sungai Selatan serta komunitas pecinta dan pelestari pusaka Kalsel.

Menurut Faisal, mayoritas orang tahunya senjata tradisional bukan hanya digunakan untuk berperang. Padahal, masyarakat juga mesti memahami simbol-simbol yang tersimpan dalam senjata.

"Ambil contoh seperti mandau, alat khas tradisional Kalsel. Bila orang-orang sudah memahami makna dari mandau, itu artinya dia sudah mencintai budayanya," ujarnya.

Hari Museum Indonesia 2021 di Kalsel dihelat selama 4 hari yakni mulai 11-14 Oktober nanti.

Selain pameran, beragam rangkaian juga dilaksanakan. Seperti seminar hingga forum diskusi.



Komentar
Banner
Banner