Pemkab Banjar

Hari Lahir Pancasila di Pemkab Banjar: Sukseskan Pemilu yang Jujur Aman dan Damai

Hari Lahir Pancasila di Pemkab Banjar: Sukseskan Pemilu 2024 yang Jujur Aman dan Damai

Featured-Image
Pemkab Banjar menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, di halaman kantor Bupati Banjar, Kamis (1/6). Foto: MC Banjar

bakabar.com, MARTAPURA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar menggelar peringatan Hari Lahir Pancasila 2023 di halaman kantor bupati setempat, di Martapura, Kamis (1/6/2023).

Bupati Banjar H Saidi Mansyur yang menjadi inspektur upacara membacakan sambutan tertulis Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta tahah air, sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik.

"Hari lahir Pancasila setiap 1 Juni memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia. Tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari hari," ucap Bupati Saidi.

Ia melanjutkan, Pancasila bukan hanya sekedar dibaca dan didengar namun harus dipraktekkan, sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam di hati bangsa Indonesia.

Menghadapi pesta demokrasi Pemilu serentak tahun 2024, ia mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menyukseskan pemilu yang jujur aman dan damai.

"Menjaga kerukunan dan keutuhan untuk menciptakan suasana yang kondusif, sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila," kata Bupati Saidi.

Ia juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bergotong royong menurunkan angka stunting di Indonesia dapat turun minimal 20 persen sesuai ambang batas yang ditetapkan WHO.

Di akhir upacara dilaksanakan penyerahan secara simbolis bendera merah putih oleh Bupati Banjar kepada sejumlah sekolah dan ormas, yang dimaksudkan untuk menggugah rasa cinta tanah air dan meningkatkan semangat nasionalisme.

Selanjutnya kepada seluruh perangkat daerah, camat, lurah dan BUMD agar memasang Bendera Merah Putih di sekitar wilayah kerjanya masing masing, mulai 1 Juni–31 Agustus 2023.

Upacara tadi juga diikuti unsur TNI/Polri, para pejabat, ASN, Korpri, Satpol PP, Disbub, pelajar, organisasi pemuda dan organisasi kemasyarakatan.

Editor


Komentar
Banner
Banner