Pemkab Banjar

Hari Koperasi Nasional 2024, Enam Koperasi di Banjar Terima Penghargaan

Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) dan DKUMPP peringati Hari Koperasi Nasional ke-77

Featured-Image
Pemkab Banjar memberi penghargaan kepada enam koperasi berprestasi, Selasa (16/7). foto-MC Banjar

bakabar.com, MARTAPURA - Bertepatan Hari Koperasi Nasional ke-77 Tahun 2024, Selasa (16/7), sejumlah koperasi Kabupaten Banjar menerima penghargaan.

Digelar Pemkab Banjar melalui Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) dan Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP), peringatan Hari Koperasi Nasional berlangsung di Ballroom Bukit Bintang Park and Resort, Desa Padang Panjang, Kecamatan Karang Intan.

Kegiatan turut dihadiri Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah, Ketua Dekopinda Banjar Ahmad Baihaqi, para pengurus, pengawas, manajer dan karyawan koperasi.

Wakil Bupati Habib Idrus Al Habsyi yang membacakan sambutan tertulis Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki, menjelaskan peringatan Hari Koperasi ke-77 mengusung tema 'Koperasi Sebagai Ekosistem untuk Konsolidasi, Akselarasi dan Eskalasi Ekonomi Mikro dan Kecil”.

Tema tersebut dimaksudkan meneguhkan peran strategis koperasi dalam mengantarkan Indonesia Emas 2045.

“Peran koperasi berarti penting untuk melengkapi ekosistem usaha rakyat agar tumbuh dari usaha mikro ke kecil, kecil ke menengah dan terhubung ke rantai pasok industri nasional," papar Habib Idrus.

Di sisi lain, koperasi didorong memperkuat akuntabilitas, memperbaiki tata kelola dan menjadikan koperasi sebagai pilihan rasional warga negara.

"Koperasi juga menjadi solusi pembiayaan mikro yang paling banyak diakses rumah tangga Indonesia, setelah bank umum dan Kredit Usaha Rakyat (KUR)," tambahnya.

Sementara Kepala DKUMPP Banjar, I Gusti Made Suryawati, menambahkan Pemkab Banjar selalu memonitoring, membina, mengawasi dan menilai kegiatan koperasi. Dari 155 koperasi, 70 lanjut di antaranya sudah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT). 

"Sebagai bentuk apresiasi yang diberikan Pemkab Banjar dalam rangka hari koperasi, kami melakukan penilaian koperasi berprestasi dengan indikator organisasi, tata laksana, manajemen, produktivitas, manfaat dan dampak,” ungkap Made.

Berikut enam koperasi yang memperoleh penghargaan dari Pemkab Banjar:

- Terbaik I Koperasi Konsumen Primkoppol Marta Banjar Kecamatan Martapura
- Terbaik II Koperasi Unit Desa Kayu Tangi Kecamatan Martapura
- Terbaik III Koperasi Produsen Usaha Tani Kayuh Baimbai Kecamatan Sungai Tabuk
- Harapan I Koperasi Pegawai Republik Indonesia Pendidikan Teknik Kecamatan Gambut
- Harapan II Koperasi Profesi Bersih Sehat Kecamatan Martapura
- Harapan III Koperasi Kehutanan Wana Lestari Kecamatan Telaga Bauntung

Editor


Komentar
Banner
Banner