Kalsel

Hari Ini, Dua Kali Lahan di Kantor Gubernur Kalsel Diamuk Api!

apahabar.com, BANJARBARU – Kebakaran melanda lahan kosong di Jalan Guntung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru,…

Featured-Image
Petugas gabungan bahu membahu memadamkan api yang melumat sejumlah lahan di Kecamatan Landasan Ulin, tak jauh dari Kegubernuran Kalsel, Jumat siang. Foto-apahabar.com/Muhammad

bakabar.com, BANJARBARU – Kebakaran melanda lahan kosong di Jalan Guntung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Jumat (23/08) siang. Lokasi kebakaran hanya berjarak selemparan batu dari Kegubernuran Kalsel.

Saat kejadian, bakabar.com mendapatkan keterangan dari Rofiq (32) warga Guntung manggis. Bahwa lahan yang terbakar diperkirakan seluas 5 hektar.

Dari penelusuran di lapangan, api berasal dari sebuah semak belukar di tepi jalan yang menjalar ke areal dalam lahan milik warga.

“Menurut perkiraan saya kebakaran lahan disebabkan oleh orang tak dikenal, soalnya tidak mungkin api datang sendiri,” ujarnya.

Rofiq menerangkan ini adalah kali kedua kebakaran di kawasan kegubernuran. Namun kali ini api lebih besar dari yang sebelumnya. Tiupan angin kencang siang tadi membuat api kian menjadi-jadi.

Selain Dishut, personel Satuan Brimob Polda Kalsel, TNI, dan BPBD sampai turun tangan melakukan pemadaman.

Pemadaman sempat terkendala akes jalan untuk membawa air ke pusat titik api. “Tidak ada akses jalan masuk ke titik api,” terang salah seorang petugas.

Saat kejadian, semua instansi yang berada di sana memilih bungkam kepada awak media. Dari tinjauan lanjutan, lahan yang terbakar adalah milik Hj. Nina Purnama. Itu diketahui dari plang nama yang berada di tanah tersebut sebelum terbakar.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala BPBD Kalsel, Wahyudin mengatakan kebakaran tersebut kini telah teratasi.

“Pemadaman dilakukan secara gabungan. Ada 120 orang petugas. Luas lahan yang terbakar sekitar 5 hektar,” jelas dia.

Lantas, dia menambahkan dugaan api sementara berasal dari oknum pembakar sampah di sekitar lokasi kejadian.

“Setelah oknum tersebut membakar, api kemudian membesar pada pagi hari. Tapi pada saat petugas salat Jumat terjadi lagi kebakaran di tempat yang sama,” terang dia.

Baca Juga: Si Jago Merah Hanguskan 4 Ruang Kelas Sekolah dan 2,5 Hektar Lahan di HSS

Baca Juga: Update Karhutla: Ratusan Hektar Lahan di Kalsel Terbakar Dalam Sepekan

Reporter: AHC 15/Nurul Mufida
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner