News

Hari Air Sedunia, Ini yang Dilakukan Komunitas Sahabat Sungai Banjarmasin

apahabar.com, BANJARMASIN – Masyarakat Kota Banjarmasin yang mengatasnamakan Komunitas Sahabat Sungai menggelar aksi memperingati Hari Air…

Featured-Image
Komunitas Sahabat Sungai menggelar aksi memperingati Hari Air Sedunia. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Masyarakat Kota Banjarmasin yang mengatasnamakan Komunitas Sahabat Sungai menggelar aksi memperingati Hari Air Sedunia, Minggu (27/3).

Hari Air Sedunia diperingati setiap tanggal 22 Maret setiap tahunnya. Komunitas ini menggandeng beberapa organisasi maupun komunitas di Kota Banjarmasin dalam menggelar aksi damai di Simpang Empat Jalan Lambung Mangkurat, Banjarmasin.

Dalam aksi damai tersebut, massa mengumpulkan petisi “Saya Siap Menjaga Sungai” yang ditanda tangani oleh masyarakat Banjarmasin.

Mereka juga berorasi terkait kondisi sungai Banjarmasin saat ini. Tentunya tak ketinggalan mengimbau untuk peduli serta jangan membuang sampah dan merusak sungai.

“Terlebih Kota Banjarmasin adalah kota yang terkenal dengan daerah perairannya atau biasa disebut kota seribu sungai,” ujar Dzaky selaku ketua Komunitas Sahabat Sungai.

Lebih lanjut, setelah aksi damai tersebut digelar komunitas sahabat sungai ini menuturkan siap untuk membersamai dan menjadi pelopor dalam hal pemeliharaan dan pembersihan sungai khususnya di Banjarmasin.

Komunitas ini baru berdiri satu bulan belakangan dengan anggota sebanyak 46 orang, memiliki tujuan untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya sungai dan mengembangkan potensi sungai tersebut untuk kehidupan bermasyarakat.

Sekadar informasi, aksi damai diikuti kurang lebih 100 massa dari berbagai komunitas dan organisasi seperti IMM, GMNI, HMI, BEM ULM, IKMA TANBU KALSEL, ELSISK, ORMAS BAPASAK, KOMUNITAS MAHASISWA MANDAR dan KNPI.



Komentar
Banner
Banner