Harga Bahan Pokok

Harga Bapok Turun Pasca-Lebaran, Wamendag: Harus Ada Keseimbangan

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menjelaskan pasca-lebaran harga-harga bahan pokok sudah banyak yang mengalami penurunan.

Featured-Image
Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga saat meninjau Pasar Nusukan Solo. Foto : apahabar.com/Fernando

bakabar.com, JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menjelaskan pasca-lebaran harga-harga bahan pokok sudah banyak yang mengalami penurunan.

Salah satunya harga-harga bahan pokok yang dijumpai saat mengunjungi Pasar Nusukan Solo, pada Sabtu (06/05). Di pasar, ditemukan harga telur Rp28.000 per Kg, bawang putih Rp36.000 per Kg, bawang merah Rp38.000 per Kg, dan juga cabe merah keriting seharga Rp 25.000/ Kg.

"Alhamdulilah kami melihat kondisinya sangat kondusif. Untuk beberapa bahan pokok banyak yang turun. Untuk MinyaKita, harganya hampir semua sesuai HET Rp 14.000 per liter atau Rp 15.500 per kg," ujar Jerry usai melakukan kunjungan ke Pasar Nusukan.

Meski demikian, merespons adanya permintaan dari Presiden Jokowi soal harga yang tidak terlalu turun pasca-lebaran, Jerry menekankan tentang pentingnya keseimbangan antara penawaran dan permintaan. Antara harga dan juga ketersediaan.

Baca Juga: Jelang Lebaran Harga Pangan Melonjak, Cabai Merah Tembus Rp64000

"Tentunya kita memastikan dengan kunjungan seperti ini. Karena bagi Kementerian Perdagangan dari provinsi dan pemerintah kota sama kita adalah cek langsung ke lokasi. Kita jumpai selama ini so far so good dalam kondisi yang baik. Tentu kita akan lihat keadaannya seperti apa real time," terangnya.

Selain harga yang relatif turun, Jery memastikan saat ini pasokan pangan dalam kondisi aman, serta yang terpenting adalah ketersediaan barang tersebut tidak boleh terganggu hingga tiba di pasar.

"Tadi kami berdiskusi dengan pedagang, Alhamdulilah semua lancar. Hampir tidak ada yang tinggi. Telur aja turun, tadi kami juga beli telur 5 Kg." ungapnya.

Jerry menambahkan, "Mudah-mudahan ini bisa terus dipertahankan dan boleh dicek datanya seluruh Indonesia secara umum. Relatif aman dan bisa dicek. Setelah Lebaran relatif stabil, ini yang kita syukuri."

Editor
Komentar
Banner
Banner