Kalsel

Harga Bahan Pangan Naik Jelang Ramadan, Pemkab Balangan Susun Langkah

apahabar.com, PARINGIN – Harga sejumlah barang kebutuhan pokok merangkak naik menjelang bulan Ramadan 2021. Salah satu…

Featured-Image
Harga Cabai Naik, Bahan Pokok, Jelang Ramadan, Pemkab Balangan, Paringin, apahabar.com

bakabar.com, PARINGIN – Harga sejumlah barang kebutuhan pokok merangkak naik menjelang bulan Ramadan 2021.

Salah satu kenaikan terjadi pada cabai rawit, daging ayam serta minyak goreng. Namun harga sembako jenis lain masih terpantau aman.

Menurut Kabid Fasilitas dan Sarana Distribusi Perdagangan Dinas Perdagangan Balangan, Sugiatun Mukminati, harga cabai rawit memang mengalami kenaikan drastis, sedangkan minyak goreng dan daging ayam juga mulai alami kenaikan jelang datangnya Ramadan.

“Saat ini terpantau harga cabai rawit jenis tiung capai harga Rp120.000-Rp150.000 sedangkan minyak goreng berkisar Rp13.000 per liter dan untuk daging ayam naik menjadi Rp28.000 per kilogram,” ujar Sugiatun, saat ditemui di kantornya, Rabu (24/3).

Namun ia juga menambahkan, untuk jenis sembako lain masih terpantau stabil di pasaran. Sementara itu pihaknya dalam menyikapi harga sembako dalam menjelang datangnya bulan Ramadan, berencana akan melakukan sidak harga dan pasar murah.

“Kita akan berencana melakukan sidak harga ke pasar. Tentunya kita juga akan memantau terlebih dahulu seperti apa distribusi di pasaran, dan harga apakah relatif stabil atau tidak,” tuturnya.

Selanjutnya pihaknya dalam menyikapi apabila terjadi kenaikan harga sembako, maka akan berkoordinasi bersama Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel. “Sehingga langkah, apa saja nantinya yang diambil untuk mengatasi masalah ini," imbuhnya.

Salah seorang pedagang di Pasar Modern Adaro, Lidya mengungkapkan, kenaikan cabai rawit selalu terjadi setiap tahunnya. Terutama jelang Ramadan.

“Sekarang harga cabai rawit Rp150.000 per kilogram, Sebelumnya Rp75.000 per kilogram. Naiknya setengah harga,” tandasnya.



Komentar
Banner
Banner