Kalsel

Hanya 4 Kecamatan di Kabupaten Banjar Dapat Program Bedah Rumah

apahabar.com, MARTAPURA – Dari 20 kecamatan, hanya 4 kecamatan di kabupaten Banjar yang mendapatkan program bedah…

Featured-Image
Ilustrasi bedah rumah. Foto-Istimewa

bakabar.com, MARTAPURA - Dari 20 kecamatan, hanya 4 kecamatan di kabupaten Banjar yang mendapatkan program bedah rumah dari Kementerian PUPR dan sumber APBD Kabupaten Banjar.

Empat kecamatan yang sudah mendapatkan bantuan tersebut, Kecamatan Martapura, Martapura Barat, Aluh-aluh dan Astambul. Sementara 16 kecamatan lainnya masih belum tersentuh bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Kabid Penyedia Perumahan Kabupaten Banjar, M Melky Rosadie menerangkan kepada bakabar.com, pada beberapa tahun ke belakang hingga saat ini, hanya ada 4 kecamatan yang mendapatkan program bedah rumah.

Hal tersebut dikarenakan, hanya 4 kecamatan tersebut yang aktif menyampaikan usulan dan mengupdate informasi terkait TRLH di wilayah masing-masing.

"Kita juga sudah melakukan sistem jemput bola, dengan mendatangi kecamatan-kecamatan," jelasnya.

Hingga kini, jelas Melky, para pembakal dan aparat desa sudah dipermudah dengan adanya sistem baru dengan diberi akun dan username ke tiap desa. Dan pihaknya hanya menunggu setiap desa memberikan update data di sistem.

img

Kabid Penyedia Perumahan M Melky Rosadie. Foto-Mada

"Kita juga sudah menyebarkan foto copy untuk desa-desa namun masih empat kecamatan saja yang aktif. Tetapi masih ada waktu untuk desa-desa lain yang ingin mengajukan usulan bedah rumah di 2021 mendatang, kita masih menunggu," terangmnya.

Program bedah rumah tersebut, dijelaskan oleh Melky, sangat disayangkan jika dilewatkan. Karena program tersebut sangat membantu warga untuk program RTLH.

Melky mengungkapkan, pengerjaan bedah rumah tersebut, dari atap lantai serta dinding juga dikerjakan secara swadaya masyarakat dengan dana pengerjaan yang sudah tersendiri.

Pada tahun 2020 program bedah rumah di ari bantuan Stimulan Perumahan Swasta dari APBN Kabupaten Banjar mendapatkan bantuan untuk 805 unit rumah. Pada masing-masing rumah mendapatkan bantuan Rp 20 juta, rinciannya Rp 17.500.000 untuk bahan bangunan, dan Rp 2.500.000 untuk upah pekerja swadaya atau tukang.

Hingga saat ini, realisasi program tersebut sudah mencapai 100 persen, bantuan ini juga masih berkutat di empat kecamatan tersebut.

Sementara itu, program bedah rumah dari dana alokasi khusus di Kabupaten Banjar untuk 142 unit dan kini sudah dalam proses 5 persen.

Terkait dengan program bedah rumah APBD Kabupaten Banjar, Melky mengungkapkan, jika hingga saat ini sudah jalan 10 persen dengan jumlah rumah yang dibedah Sembilan buah rumah.

“Insyaallah di tahun ini juga pasti selesai, kan sebentar saja pengerjaannya,” pungkas Melky.



Komentar
Banner
Banner