Habar Pemilu 2024

Hampir 900 Lembar Surat Suara Pemilu 2024 di HSS Ditemukan Rusak

Hampir 900 lembar surat suara Pemilu 2024 yang tiba di Hulu Sungai Selatan, diidentifikasi dalam keadaan rusak.

bakabar.com, KANDANGAN - Hampir 900 lembar surat suara Pemilu 2024 yang tiba di Hulu Sungai Selatan (HSS), diidentifikasi dalam keadaan rusak.

Temuan tersebut diungkap Komisi Pemilihan Umum (KPU) HSS di sela inspeksi Penjabat Bupati Hermansyah bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) setempat ke gudang logistik di Gedung Serbaguna Disporapar HSU, Rabu (27/12).

"Kedatangan kami untuk memantai logistik Pemilu 2024. Alhamdulillah semua surat suara sudah diterima KPU HSS. Bahkan mulai dilakukan pelipatan surat suara," papar Hermansyah.

Dalam proses pelipatan tersebut, KPU HSS menemukan hampir 900 surat suara yang rusak. Kebanyakan kerusakan disebabkan noda tinta yang dikhawatirkan memicu kecurangan dalam Pemilu 2024.

"Ditemukan noda tinta di salah satu nama calon anggota legislatif. Dikhawatirkan noda tersebut menjadi tanda tertentu," jelas Gusriadi, Ketua KPU HSS.

"Semua surat suara yang rusakn akan dilaporkan ke KPU Kalimantan Selatan. Selanjutnya sehari sebelum pencoblosan, surat suara tersebut akan dimusnahkan," sambungnya.

KPU HSS sendiri menargetkan penyortiran maupun pelipatan surat suara Pemilu 2024 akan rampung akhir Januari. 

Terkait tahapan yang dilakukan, Hermansyah berjanji memberikan dukungan untuk memastikan kesehatan jasmani petugas KPU dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

"Kami akan menyiapkan tenaga kesehatan, suplemen ataupun suntikan vitamin agar mereka sehat," papar Hermansyah.

"Bagaimanapun mereka menjalankan salah satu tugas negara untuk menciptakan pesta demokrasi yang jujur, adil, aman dan tertib," tegasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner