Lebaran 2023

H-9 Lebaran, Jumlah Pemudik di Pelabuhan Ketapang Meningkat Tipis

Jumlah pemudik dari Pelabuhan Gilimanuk Bali menuju Pelabuhan ASDP Ketapang relatif mengalami peningkatan tipis pada H-9 Lebaran 2023.

Featured-Image
Nampak angkutan umum lebaran telah meninggalkan pulau Dewata melalui penyebrangan ASDP ketapang,(12/4/2023),(Foto:apahabar.com/Mohamad Abdul)

bakabar.com, BANYUWANGI - Jumlah pemudik dari Pelabuhan Gilimanuk Bali menuju Pelabuhan ASDP Ketapang relatif mengalami peningkatan tipis pada H-9 Lebaran 2023.

Data yang dihimpun bakabar.com, jumlah kendaraan yang meninggalkan Bali menuju Pulau Jawa melalui jalur penyebrangan Gilimanuk-Ketapang mencapai 4.753 kendaraan, Selasa (11/4) kemarin. 

Hal ini meningkat tipis dari hari sebelumnya yang hanya mencapai 4.609 kendaraan. 

Baca Juga: Jalan Tol Solo-Jogja Siap Difungsikan untuk Mudik Lebaran Mulai 18 April

Sementara itu, untuk jumlah penumpang pejalan kaki justru terjadi penurunan dibandingkan hari- hari sebelumnya. Penumpang pejalan kaki mencapai 12.634 orang, Sedangkan sebelumnya tercatat 13.109 orang.

General Manager PT ASDP Ketapang Banyuwangi, Muhammad Yasin membenarkan mulai ada peningkatan volume penumpang pada H-9 Lebaran 2023. Meski peningkatan belum terbilang signifikan.

"Dibandingkan hari sebelumnya memang ada peningkatan, terutama untuk kendaraan, baik kendaraan roda 4 maupun roda 2," kata Yasin kepada bakabar.com, Rabu (12/4)

"Kita perkirakan lonjakan penumpang yang lebih besar akan terjadi mulai H-3 Lebaran," imbuhnya

Ia mengungkapkan untuk memperlancar pelaksanaan arus mudik Lebaran tahun 2023 ini, pihaknya telah menyiapkan 49 armada kapal yang bakal mengangkut para pemudik. 

“Dari jumlah 49 armada kapal yang kita siapkan itu, saat ini kita mengoperasikan 28 armada kapal untuk melayani penyebrangan di lintaskan Ketapang- Gilimanuk," jelasnya. 

Baca Juga: Pelayanan Mudik Pelabuhan Merak, Jokowi: Semakin Baik dari Tahun Lalu

Mudik lebaran 2023, lanjut Yasin, diprediksi jumlah penumpang kapal akan meningkat cukup signifikan dibandingkan tahun lalu. Hal ini selaras dengan perkiraan dari Pemerintah.

Namun pihaknya akan melakukan langkah antisipasi terhadap kepadatan penumpang dengan menyiapkan sejumlah skema. 

Di antaranya yaitu menambah trip kapal, mempercepat bongkar muat kapal dan menyediakan sejumlah kantong parkir.

“Untuk kantong parkir yang kita siapkan jika area parkir di dalam Pelabuhan tidak mencukupi yaitu, untuk di Pelabuhan Gilimanuk ada di kawasan Cekik kawasan Taman Nasional Bali Barat," pungkasnya. 

Editor


Komentar
Banner
Banner