Arus Balik 2023

H+4 Lebaran, 43 Ribu Pemilir Tiba di Jakarta Lewat Jalur Kereta Api

Sekitar 43 ribu pemilir mulai berdatangan di sejumlah Stasiun di Jakarta saat memasuki H+4 mudik Lebaran 2023.

Featured-Image
Para pemudik telah tiba di Stasiun Pasar Senen usai melakukan perjalanan mudik ke kampung halamannya dengan menggunakan moda transportasi kereta api jarak jauh. Foto: apahabar.com/BS

bakabar.com, JAKARTA - Sekitar 43 ribu pemilir mulai berdatangan di sejumlah Stasiun di Jakarta saat memasuki H+4 mudik Lebaran 2023.

Para pemilir di antaranya tiba di Stasiun Pasar Senen, Stasiun Jatinegara, Stasiun Jakarta Kota, dan Stasiun Gambir. Sedangkan para pemilir lainnya turun di stasiun yang berada di kota penyangga Jakarta.

"16.400 penumpang turun di Stasiun Pasar Senen," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa saat dihubungi bakabar.com, Rabu (26/4). 

Baca Juga: H+3 Lebaran, 36 Ribu Penumpang Berangkat Mudik Pakai Kereta Api

Eva merincikan 16.200 penumpang turun di Stasiun Gambir, 4.200 penumpang di Stasiun Bekasi, 4.500 penumpang di Stasiun Jatinegara, dan sisanya tersebar di Stasiun Jakarta Kota.

Kemudian terdapat di Stasiun Karawang, dan Cikarang. Jumlahnya pemilir diperkirakan  stabil berkisar antara 40.000-43.000 penumpang hingga tanggal 1 Mei 2023.

"Bahkan, kami juga memprediksi kemungkinan akan terjadi puncak arus balik lagi di tanggal 30 April dan 1 Mei," lanjut Eva.

Baca Juga: Biar Nggak Kena Biaya Tambahan, Simak Aturan Bawa Bagasi di Kereta Api

Eva menyebut pemesanan tiket dari Jawa Tengah dan Jawa Timur menuju Jakarta sudah mencapai 40.500. Mayoritas penumpang yang tiba di area Daop 1 Jakarta hari ini berasal dari area Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Solo, Purwokerto, Kutoarjo, dan Malang.

Diprediksi gelombang penumpang yang tiba ke Jakarta masih akan terus bertambah. Hal itu dipantau dari penjualan tiket kereta api ke arah Jakarta di setiap stasiun.

"Artinya, ada rentang waktu mulai tanggal 27-30 April atau tanggal 1 Mei untuk pemesanan tiket masih dijual dan angka tersebut meningkat," terang dia.

Baca Juga: Hari Ini Sekitar 40 Ribu Orang Tiba di Jakarta dengan Jasa Kereta Api

Di sisi lain, PT KAI memberikan tiket murah Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) ke berbagai tujuan bagi masyarakat yang ingin berangkat balik ke Jakarta hingga tanggal 3 Mei 2023.

Tiket murah keberangkatan dari area Daop 1 Jakarta untuk tanggal 27 April hingga 3 Mei tinggal tersisa sekitar 173 ribu tempat duduk.

"Tarif rendah tersebut berlaku untuk kelas ekonomi hingga kelas eksekutif dengan besaran tarif terendah untuk kelas Ekonomi mulai dari Rp150.000, Eksekutif Rp330.000 dan Bisnis Rp280.000," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner