Gunung Semeru

Gunung Semeru Semburkan 36 Kali Letusan dengan Asap Setinggi 600 Meter

Gunung Semeru semburkan sedikitnya 36 kali letusan dengan disertai asap hingga 600 meter di atas puncak kawah, sepanjang Minggu (22/10).

Featured-Image
Gunung Semeru teramati dengan jelas saat keluarkan letusan. Foto: apahabar.com/David Firmansyah

bakabar.com, LUMAJANG - Gunung Semeru keluarkan sedikitnya 36 kali letusan dengan disertai asap hingga 600 meter di atas puncak kawah sepanjang Minggu (22/10).

Selama 12 jam pengamatan terakhir, Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Lumajang dan Malang mengeluarkan sebanyak 36 kali letusan erupsi dalam periode 06.00-18.00 WIB.

Selain itu, saat diamati secara visual Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3676 mdpl, tampak jelas mengeluarkan asap letusan sebanyak 19 kali setinggi 600 meter berwarna putih kelabu di atas puncak kawah .

Pada Minggu (22/10), cuaca di sekitar Gunung Semeru terpantau cerah dan berawan dengan suhu udara antara 25-29 °C. Angin bertiup lemah ke arah selatan.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Semeru (PPGA) Ghufron Alwi meminta agar masyarakat sekitar tidak mendekati atau beraktivitas langsung dengan jarak tertentu dari Gunung Semeru. Saat ini Semeru berstatus Siaga Level (III).

"Masyarakat diimbau untuk tidak melakukan aktivitas di sepanjang sungai Besuk Kobokan sejauh 17 kilometer karena khawatir terlanda aliran lahar dingin langsung dari Gunung Semeru" ujar Ghufron.

Tidak hanya itu, masyarakat juga dilarang mendekati tepi di sepanjang sungai Besuk Kobokan, Besuk Sat, Besuk Bang, dan Besuk Kembar.

"Masyarakat juga perlu mewaspadai awan panas guguran dan guguran lava 500 meter dari sungai-sungai kecil yang merupakan terusan langsung dari sungai Besuk Kobokan", kata Ghufron Alwi.

Editor


Komentar
Banner
Banner