News

Guncangan Gempa di Garut Terasa Hingga Pangandaran dan Tasikmalaya

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,4 di Garut terasa hingga pangandaran dan Tasikmalaya

Featured-Image
Ilustrasi pusat gempa Garut yang terjadi Sabtu sore (3/12). Foto: Suara Sumedang

apahabar, JAKARTA - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,4 yang mengguncang wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu sore (3/12) dirasakan hingga Kabupaten Pangandaran, Kota Banjar, Kabupaten Ciamis, Kota dan Kabupaten Tasikmalaya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat mengungkapkan guncangan ini cukup besar karena terasa hingga Tasikmalaya, Ciamis dan beberapa kota lainnya.

"Gempa Garut dirasakan hingga Pangandaran, Tasikmalaya, Banjar, Ciamis," kata Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Jawa Barat, Koordinator Pusdalops PB BPBD Jawa Barat, Hadi Rahmat, dalam keterangan resminya, Sabtu (3/12) melansir Antara.

BPBD Provinsi Jawa Barat saat ini sedang berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Garut serta dengan BPBD di wilayah yang merasakan gempa. Namun sejauh ini belum ada laporan terkait korban dan kerusakan fisik yang diakibatkan gempa tersebut.

Baca Juga: Dampak Gempa Cianjur Ganggu Distribusi Air, PLN Perbaiki Pipa Induk

BPBD Provinsi Jawa Barat hingga saat ini masih melakukan pendataan seperti kerusakan dan korban lainnya.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa gempa magnitudo 6,4 yang mengguncang wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Sabtu sore, tidak berpotensi tsunami.

Dalam keterangan di Jakarta, Sabtu, BMKG melaporkan gempa M 6,4 memiliki pusat gempa di darat di kedalaman 118 kilometer. Jarak episenter gempa berada 52 kilometer barat daya Kabupaten Garut.

Titik gempa juga berada 54 kilometer barat daya Kabupaten Bandung, 66 kilometer Kota Bandung, 67 kilometer Kabupaten Tasikmalaya serta 167 kilometer tenggara Jakarta.

Editor


Komentar
Banner
Banner