DPRD Kalsel

Gubernur Kalsel Pastikan 2022 Fokus Anggaran Masih Penanganan Covid-19

apahabar.com, BANJARMASIN – 2022, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan belum bisa fokus untuk kerjakan pembangunan. Saat Rapat…

Featured-Image
Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor saat paripurna di DPRD Kalsel. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN - 2022, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan belum bisa fokus untuk kerjakan pembangunan.

Saat Rapat Paripurna dan Penandatanganan Nota Kesepakatan Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Rencana APBD Kalimantan Selatan, Gubernur H Sabirin mengungkapkan penanganan pandemi Covid-19 masih menjadi prioritas.

Langkah antisipasi itu menurutnya perlu dilakukan apabila pandemi masih berlangsung hingga tahun depan. Sehingga anggaran daerah tidak terlalu banyak mengalami refocusing seperti tahun lalu dan tahun ini.

"Selain itu, penanganan dampak dari pandemi Covid-19, seperti bidang kesehatan dan pendidikan,” katanya, Kamis (23/09) siang.

Ia menambahkan, masyarakat yang terdampak dari segi perekonomian juga akan tetap menjadi perhatian. Menyusul adanya pertambahan jumlah penduduk miskin sejak pandemi berlangsung pada Maret tahun lalu.

"Pembangunan ketiga sektor utama, yakni kesehatan, pendidikan dan perekonomian harus kita usahakan semaksimal mungkin, dan kita harapkan juga pandemi ini segera berlalu," tuturnya lagi.

Dari informasi yang didapat, untuk KUA-PPAS Provinsi Kalimantan Selatan Tahun Anggaran 2022, besaran Pendapatan Daerah ditetapkan sebesar Rp5,5 triliun lebih dan Belanja Daerah sebesar Rp5,5 triliun lebih.

Dari jumlah tersebut ada kekurangan sekitar Rp30 miliar lebih yang nantinya akan ditutupi dari pembiayaan netto pada tahun anggaran yang berjalan.

Selain penandatangan Nota Kesepakatan terkait dengan KUA-PPAS Tahun Anggaran 2022 antara Pemerintah Provinsi dengan DPRD Kalimantan Selatan.

Rapat Paripurna yang digelar hari ini juga memiliki sejumlah agenda lain. Salah satunya perubahan jadwal kerja anggota legislatif dan Rencana Kerja DPRD Kalimantan Selatan untuk tahun depan.



Komentar
Banner
Banner