Megaproyek IKN

Groundbreaking Investor Swasta Megaproyek IKN Menunggu Presiden!

Memasuki pekan kedua bulan September. Otorita IKN belum bisa memastikan kapan konsorsium swasta itu akan melakukan groundbreaking.

Featured-Image
Presiden Joko Widodo duduk di depan tenda usai memimpin seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). ANTARA FOTO/HO/Setpres-Agus Suparto/hp.

bakabar.com, JAKARTA - Memasuki pekan kedua bulan September. Otorita IKN belum bisa memastikan kapan konsorsium swasta itu akan melakukan groundbreaking.

Dari pengakuan otoritas IKN, pihaknya masih menunggu jadwal Presiden. "Masih dibahas, kita juga memperhatikan jadwal bapak presiden," ungkap Kepala Badan Otorita IKN, Bambang Susanto, di Kompleks DPR, Jakarta, Senin (11/9).

Di samping itu, dia menambahkan. Selain groundbreaking, Otorita IKN juga akan menggelar launching. Yang mana akan dilakukan bersama investor swasta lainnya. Di bulan September juga.

Baca Juga: Banjir Investor Asing, Investasi IKN Tak Kunjung Terealisasi

"Ada istilahnya launching. Launching itu adalah buat mereka yang akan groundbreaking kira-kira dua bulan lagi. Itu ada beberapa juga," terangnya.

Biar tahu saja. Sepanjang awal September 2023, Jokowi sedang disibukkan dengan perhelatan KTT ASEAN 2023 di Indonesia. Pada tanggal 4 hingga 7 September 2023.

Lalu, Presiden RI ke-7 itu diketahui baru saja kembali ke Indonesia pada Minggu (10/11) usai menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di India. Yang mana berlangsung pada 9-10 September 2023. 

Alhasil hingga saat ini belum diketahui secara pasti kapan proses groundbreaking akan dilangsungkan.

Hanya saja, Otorita IKN memastikan, realisasi groundbreaking sejumlah investor yang tergabung dalam konsorsium Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) akan segera dilakukan di bulan September.

"(Realisasi groundbreaking) antara pertengahan hingga akhir bulan September 2023," Jelas Deputi Investasi Badan Otorita IKN, Agung Wicaksono Senin (11/9).

Sebelumnya, Kementerian PUPR mengatakan Presiden Joko Widodo sudah merencakan akan mengunjungi IKN pada pada 22 September ini.

Baca Juga: Empat Gedung Kementerian IKN Siap Pakai Agustus 2024

"Nanti tanggal 22 September mungkin Pak Presiden datang ke sana," ucap Menteri Pekerjaan PUPR, Basuki Hadimuljono di kompleks DPR, Jakarta, Kamis (7/9)

Basuki menjelaskan, rencana Jokowi bertolak ke IKN tersebut berkenaan dengan peresmian Bendungan Sepaku Semoi. Yang mana akan digelar pada Oktober 2023.

"Pak presiden akan berkunjung ke IKN, sebelum (Bendungan Sepaku Semoi) diresmikan pada Oktober 2023 mendatang," tandasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner