Pemkab Banjar

Grand Final Nanang Galuh Kebudayaan Kalsel 2023, Perwakilan Banjar Target Juara

Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahrga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Banjar memasang target juara di Grand Final Nanang Galuh Kebudayaan Kalsel 2023.

Featured-Image
Peserta Final Nanang Galuh Kebudayaan Kalsel 2023 saat memulai karantina. Foto-istimewa.

bakabar.com, MARTAPURA - Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahrga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Banjar kembali memasang target juara di Grand Final Nanang Galuh Kebudayaan Provinsi Kalsel 2023.

Diikuti 48 peserta se-Kalsel, Grand Final kali ini akan digelar di Rattan Inn Hotel Banjarmasin, pada Senin (4/12) pukul 14.00 Wita besok. Sebelum final, para Nanang Galuh akan menampilkan bakat seni budaya pada Minggu (3/12).

Kabupaten Banjar sendiri mengirimkan 4 peserta atau dua pasangan Nanang Galuh. Mereka yaitu, Nanang Gusti Muhammad Arief Rahman dan Galuh Dina Khairina sebagai juara Galuh Intan Banjar 2023.

Kemudian, Nanang Muhammad Ramadhoni (Wakil II Nanang Intan Banjar 2023) dan Galuh Nabilla Puteri Amaliah (Wakil Galuh Intan Banjar 2023).

Plt Kepala Disbudporapar Banjar, Riza Rosadi mengatakan persiapan sudah berjalan selama 3 bulan, sejak bulan September lalu, dan saat ini mereka sudah dikarantina sejak Jumat kemarin.

"Target kita masih sama seperti tahun lalu, yaitu juara pertama," ujar Riza Rosadi, Sabtu (2/12).

Target itu terbilang realistis, sebab tahun lalu, Galuh Raudatul Jannah dari Kabupaten Banjar keluar sebagai juara Galuh Kebudayaan 2022 mendampingi Nanang M Rohit Rendra dari Banjarmasin.

Riza menambahkan, sebelum dikarantina dua pasangan itu sudah digodok dan dibreifing lagi untuk mematangkan persiapan.

"Mereka juga telah melakukan program di sosial media masing-masing," kata Riza.

Misalnya, Nanang Arief dengan program Dengari Penting Budaya Banua (Denting Banua), kemudian Galuh Dina di bidang fashion khususnya pakaian Banjar melalui instagram @fashion.bygaluh, adapun Nanang Dhoni program Bakuya Gasan Kula (Bakuya), terakhir Galuh Bila dengan programnya Pusat Informasi Kerajinan Tangan (Pukat).

Editor
Komentar
Banner
Banner