Kalsel

Gowes ala Polres HSU: Semangatku Mengalahkan Lelahku

apahabar.com, BANJARBARU – Jika kebanyakan orang menikmati akhir pekan dengan mengunjungi tempat wisata favorit hingga bersantai…

Featured-Image
Kapolres HSU AKBP Ahmad Arif Sopiyan bersama anggota usai gowes sebelum menempuh jarak 161 kilo meter Amuntai-Banjarbaru. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARBARU – Jika kebanyakan orang menikmati akhir pekan dengan mengunjungi tempat wisata favorit hingga bersantai di Mall, namun berbeda dengan sekumpulan pria-pria tangguh dari Hulu Sungai Utara ini.

Mereka memilih bersepeda meski harus menempuh ratusan kilo meter.

Puluhan hingga ratusan kilometer ditempuh menuju lokasi finish yang sudah mereka tentukan sebelumnya, hanya karena satu alasan ‘mengasyikkan’.

Pria-pria tangguh tersebut adalah anggota Kepolisian Resort Hulu Sungai Utara. Dikomandoi langsung oleh Ajun Komisaris Besar Polisi Ahmad Arif Sopiyan, mereka menempuh jarak ratusan kilometer. Tak jarang hingga melintasi kabupaten tetangga.

Baca Juga: Atraksi Barongsai Hibur Penumpang di Bandara Syamsudin Noor Saat Imlek

Padahal untuk jarak sejauh itu diperlukan energi yang lebih, selain juga memakan waktu lama yang tak bisa dihindari.

Namun tanpa canggung, mereka sering berucap ‘Semangatku mengalahkan lelahku’.

Iptu Komarudin mengatakan, aksi bersepeda bareng dengan menempuh rute jalan raya hingga perbukitan itu dilakukan demi menjaga kondisi tubuh tetap bugar dan sehat.

“Olah raga ini untuk menjaga tubuh tetap sehat, dimana bila tubuh kita sehat maka jiwa kita juga akan menjadi sehat," ucap pria yang menjabat sebagai Kepala Satuan Reskrim Polres HSU itu saat berbincang dengan bakabar.com, Minggu (26/1).

Masih kata Iptu Komarudin, mereka sengaja memilih gowes bersama dengan anggota, selain membangun kebersamaan, sembari patroli bersama.

"Ini sebenarnya kegiatan rutin. Tujuan lainnya selain untuk kesehatan, tentu untuk mempererat kebersamaan, keharmonisan antar sesama anggota maupun pimpinan,” imbuhnya.

Goweser Polres HSU, kata Iptu Komaruddin sudah melahap berbagai rute di Hulu Sungai Selatan. Namun gowes rute Amuntai-Banjarbaru beberapa waktu yang lalu membuatnya terkesan.

Selain harus menempuh 161 kilo meter, jalurnya terkesan ekstream dan rawan terjadi kecelakaan. Jalanan yang naik-turun dan berkelok-kelok merupakan jalur yang sering dilalui kendaraan besar seperti bus, truk dan fuso.

“Cek poinnya di Amuntai, rutenya melintasi Angkinang, Binuang, Matraman, Martapura dan Finish Banjarbaru di kediaman bapak Kapolres. Kami berangkat pagi, sampainya jam 18.00 wita. Melelahkan sangat tapi kami puas,” serunya.

Namun yang membuat gowes saat itu berkesan, imbuh Komarudin, karena kehadiran Iptu Alam Sakti dalam kelompok goweser Polres yang melintasi 4 kabupaten tersebut.

Bagaimana tidak, di usianya yang sudah tidak muda lagi, Kasubbag Humas Polres HSU tersebut tak kenal kata menyerah hingga titik finish.

“Sebentar lagi sidin (beliau) pensiun mas. Tapi semangatnya tidak ada yang bisa mengalahkan,” terang Iptu Komaruddin.

Di akhir perbincangan, Kasat Reskrim itu memberikan sedikit bocoran bagi goweser Banua agar bisa tahan tempuh rute panjang. Pertama hindari istirahat dengan berbaring, cukup duduk. Jangan banyak minum air, secukupnya saja.

“Sebelum berangkat, pastikan cukup beristirahat. Dan satu lagi yang penting terbiasa dengan berlatih gowes ringan seputar kota bareng kawan-kawan lainnya tentunya dengan suasana hati ceria,” pungkas polisi yang hobi gowes sejak SMP itu.

Baca Juga: Pesona Pantai Teluk Tamiang Kotabaru Semakin Dilirik Wisatawan

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner