Otomotif

Go Internasional, Nikuba 'Penyulap' Air Ciptaan Aryanto Misel Dilirik Perusahaan Otomotif Italia

Pembuktian Aryanto Misel sang penciptan Nikuba yakni alat yang diklaim mampu 'menyulap' air menjadi bahan bakar akhirnya berbuah manis.

Featured-Image
Aryanto Misel saat foto dengan mobil Ferrari, Italia. Foto-Kabar Cirebon/Foto Tim Aryanto Misel

bakabar.com, BANJARMASIN - Pembuktian Aryanto Misel sang penciptan Nikuba yakni alat yang diklaim mampu 'menyulap' air menjadi bahan bakar akhirnya berbuah manis.

Meski sebelumnya alat tersebut sempat disikapi secara skeptis oleh ilmuwan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) setahun lalu, ternyata Nikuba dari Cirebon telah terbang ke Milan, Italia.

Penemuan tersebut berhasil mencuri perhatian sejumlah perusahaan otomotif asal Italia yaitu Ducati, Ferrari hingga Lamborghini.

Kabar ini disampaikan oleh pihak TNI lewat situs resmi TNI Angkatan Darat. Pencipta alat Nikuba adalah Aryanto Misel (67).

"Go International... Bahan Bakar Air (Nikuba) dari Kodam III/Siliwangi Menuju Milan," demikian judul kabar di situs web TNI AD dikutip Senin (3/7).

TNI menyebutkan Nikuba secara mengejutkan mendapatkan atensi dari salah satu pabrikan otomotif terkemuka di Eropa dengan survei langsung ke Cirebon. Diskusi panjang dilakukan terkait inovasi tersebut untuk membuka lebih luas terkait teknis kerja Nikuba. TNI tidak menyebut nama pabrikan otomotif yang dimaksud.

Tindak lanjut dari kunjungan tersebut, Nikuba mendapat kesempatan untuk dipresentasikan pada beberapa pabrikan otomotif Italia yang dilaksanakan pada 18 Juni 2023 di Milan. Maka, Aryanto Misel berangkat ke Milan bersama tim yang terdiri dari Sumardi Dadang dan Immanuel Hutapea.

"Tiba saatnya Nikuba sebagai alternatif solutif akan mencoba terbang untuk dipresentasikan pada dunia. Meski memerlukan proses, namun ide, tindakan, komitmen dan keyakinan terhadap Nikuba sebagai alternatif energi terbarukan dapat menjadi peluang di masa yang akan datang," ujar Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo.

TNI menyebut Nikuba, berasal dari akronim 'niku banyu', adalah hasil inovasi dan gagasan bersama dari Aryanto Misel dan Mayjen Kunto. Nikuba yang dapat mengubah air menjadi energi mesin pembakaran dalam Internal Combustion Engine (ICE) di kendaraan.

"Nikuba ini memiliki fungsi memisahkan antara hidrogen (H2) dan oksigen (O2) yang terkandung di dalam air (H2O). Hidrogen yang telah terpisah kemudian dialirkan ke dalam ruang pembakaran dari mesin kendaraan bermotor," ujar Aryanto Misel dalam situs TNI AD.

Nikuba dalam prosesnya diklaim berhasil dan terus disempurnakan sehingga lebih efisien saat digunakan untuk kendaraan dengan kemungkinan bisa menghemat 100% bahan bakar minyak

Editor


Komentar
Banner
Banner