Tak Berkategori

Geser Golkar, Kader PAN Banjarmasin Ini Raih Suara Tertinggi

apahabar.com, BANJARMASIN – Partai Amanat Nasional (PAN) meraup suara terbanyak pada Pileg 2019 di Kota Banjarmasin,…

Featured-Image
Ilustrasi pemilu. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Partai Amanat Nasional (PAN) meraup suara terbanyak pada Pileg 2019 di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Sedangkan Partai Golongan Karya (Golkar) bertengger di peringkat keempat berdasarkanhasil rekapitulasi KPU Kota Banjarmasin.

Partai besutan H Muhiddin tersebut mengantongi sembilan kursi wakil rakyat. Namun ada satu kader yang telah mendapatkan suara tertinggi.

Kader itu adalah Sekretaris DPW PAN Kalsel HM Faisal Haryadi. Faisal dipastikan mengalahkan beberapa pesaingnya termasuk perolehan suara Iwan Rusmali pada Pemilu 2014 silam.

“Alhamdulillah kita meraih 9 kursi pada Pileg 2019. Dengan perolehan itu, H M Faisal Haryadi mendapatkan 6285 suara. Angkanya lebih besar tiga kali lipat dibandingkan Pemilu 2015 yang diraih Iwan Rusmali cuma 4500 suara,” ujar Bendarahara DPD PAN Banjarmasin Hj Ismina Mawarni kepada bakabar.com.

Jika dibandingkan caleg PAN lainnya, Ismina menerangkan suara Faisal lebih unggul jauh dari kader peraih suara terbanyak kedua, Afrizal 4800 dengan merebut suara.

Kenaikan suara caleg pada Pemilu serentak, lanjut Ismina bahwa memberikan dampak juga kepada suara PAN secara menyeluruh di lima kecamatan Kota Banjarmasin.

“Kami meraih 3 kali lipat suara dibandingkan Pileg 2014 lalu. Semula hanya 21 ribu saja, sekarang kami mencapai 59 ribu suara. Ini kenaikan 125 persen,” ungkapnya.

Secara umum, kesembilan kursi yang diraih PAN kebanyakan didapat pada setiap Daerah Pemilih (Dapil). Dominannya yakni di dapil 3 (Banjarmasin Selatan) dengan meraup 3 kursi.

Keberhasilan PAN, katanya karena didorong beberapa faktor. Di antaranya caleg turut aktif turun kemasyarakatan dengan metode kampenya door to door.

“Kita mengharapkan agar para caleg terpilih ini bisa memberikan perubahan yang berarti bagi Kota Banjarmasin dengan menjaring aspirasi rakyat,” bebernya.

img

Sekretaris DPW PAN Kalsel HM Faisal Haryadi (paling kiri) mendampingi Ketua DPW PAN Muhidin bersama Ketua TKD Jokowi-Ma’ruf Kalsel, Ghimoyo. Dok. bakabar.com/Bahaudin Qusairi

Baca Juga: Bawaslu Tindaklanjuti Laporan BPN Prabowo-Sandi Situng KPU

Baca Juga:Relawan Jokowi-Ma'ruf Tunggu Penetapan Resmi KPU

Reporter: Bahaudin QusairiEditor: Fariz F



Komentar
Banner
Banner