Kota Gaib Di Indonesia

Gerbang Misteri Saranjana hingga ke Kota Gaib Lainnya

Desas-desus soal eksistensi Saranjana sendiri memang cukup populer bagi masyarakat Indonesia. Kota tak kasat mata ini disinyalir punya peradaban maju.

Featured-Image
Ilustrasi gerbang ke Kota Gaib Saranjana. Foto: Kompasiana.

bakabar.com, JAKARTA - Jagat maya kembali dihebohkan dengan penampakan Kota Gaib Saranjana. Teranyar, hasil jepretan seorang wisatawan yang tengah berkunjung ke Bukit Mamake, Kalimantan Selatan, mendapati pemandangan bak kota metropolitan. 

Desas-desus soal eksistensi Saranjana sendiri memang cukup populer bagi masyarakat Indonesia. Kota tak kasat mata ini disinyalir punya peradaban maju.

Konon, terdapat gedung-gedung pencakar langit yang bercokol megah di bahu jalan lebar di Kota Saranjana. Kehidupan di sana juga sudah mengadopsi teknologi nan canggih.

Meski tak terdaftar secara administratif, kota yang diduga terletak di Pulau Laut ini pernah tergambar dalam peta yang dibuat Salomon Muller pada 1845 dengan nama Tandjong (hoek) Serandjana.

Saranjana pun bukan satu-satunya kota tak kasat mata yang eksistensinya diyakini segelintir masyarakat Indonesia. Masih ada sederet kota gaib lainnya yang juga menyimpan misteri, antara lain:

Padang 12

Masih dari Tanah Borneo, ada sebuah kota gaib bernama Padang 12. Konon, kota tak kasat mata ini terletak di Ketapang, Kalimantan Barat.

Usut punya usut, kota gaib tersebut memiliki luas wilayah mencapai 12 kilometer persegi. Kota ini diyakini jadi rumah bagi suku gaib bernama Limun, tepatnya mereka menempati lahan kosong berpasir yang dikelilingi pepohonan pinus.

Menurut pengakuan sejumlah orang, anggota Suku Limun kerap menampakkan diri untuk bertransaksi dengan penduduk di sekitarnya. Transaksi itu menggunakan kunyit yang bisa berubah jadi sebongkah emas.

Tak semua orang bisa bertemu dengan Suku Limun. Warga sekitar percaya, hanya orang berhati bersih yang bisa berjumpa dengan penduduk asli Kota Padang 12 itu.

Baca berita selengkapnya di halaman selanjutnya...

HALAMAN
12
Editor


Komentar
Banner
Banner