Pemkab Barito Kuala

Genjot Pemberantasan Narkotika, Batola Anggarkan Tes Urine Dalam APBD

Aksi nyata dilakukan Pemkab Barito Kuala (Batola) dalam memberantas penyalahgunaan narkotika di Bumi Selidah.

Featured-Image
Sekdakab Batola, Zulkipli Yadi Noor, memberikan materi dalam rapat konsolidasi Kota Tanggap Ancaman Narkoba yang digelar BNNK Batola. Foto: Diskominfo Batola

bakabar.com, MARABAHAN - Aksi nyata dilakukan Pemkab Barito Kuala (Batola) dalam memberantas penyalahgunaan narkotika di Bumi Selidah.

Dalam mendukung program kerja Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Batola, telah menyisihkan APBD untuk pelaksanaan tes urine.

"Pemberantasan narkotika yang terbaik adalah dengan pencegahan," papar Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Batola, Zulkipli Yadi Noor, dalam rapat konsolidasi Kota Tanggap Ancaman Narkoba (Kotan), Rabu (15/3).

"Pun Pemkab Batola selaras dengan BNNK, terkait pencegahan narkotika. Untuk pelaksanaan tes urine di sekolah maupun instansi, sudah disisihkan anggaran dalam APBD," tegasnya.

Penganggaran tersebut juga selaras dengan Inpres Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Terkait aksi pencegahan lain, Direktorat Informasi dan Edukasi BNN juga telah menggunakan aplikasi Sistem Pelaporan Relawan (SiPAREL).

Aplikasi itu bertujuan agar relawan dapat membuat laporan dengan cara mudah, praktis, dan cepat. Kemudian data yang dilaporkan juga akan langsung terkirim ke BNN Pusat.

"Seiring kemajuan dunia digital, pengaduan juga lebih mudah. Tidak perlu takut, karena bisa langsung melalui aplikasi SiParel," papar Kepala BNNK Batola AKBP Agus Wijanarko.

Editor


Komentar
Banner
Banner