Pemkab Tanah Bumbu

Gelar Jalan Santai, Desa Mattone Tukar Kupon dengan Sampah Plastik

apahabar.com, BATULICIN – Pemerintah Desa Mattone akan melaksanakan kegiatan jalan santai dalam rangka memperingati Hari Jadi…

Featured-Image
Sampah plastik yang ditukar dengan kupon undian jalan santai menumpuk di halaman depan Kantor Desa Mattone. Foto-Istimewa

bakabar.com, BATULICIN – Pemerintah Desa Mattone akan melaksanakan kegiatan jalan santai dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) ke 16. Jalan santai tersebut rencananya akan digelar pada Sabtu, 13 April 2019.

Uniknya, pihak panitia hanya memberi kupon jika ditukar dengan sampah plastik. Pengambilan kupon dibuka pada Kamis (11/4) siang.

Satu jam setelah dibuka, pihak panitia sudah berhasil membagi 1000 kupon yang ditukar dengan 325 kilogram sampah plastik. Sementara pada sore hari, sudah lebih dari 3 ribu kupon yang dibagikan ke peserta.

“Laporan terakhir 3.054 kupon yang terbagi. Total sampahnya mencapai 1 ton. Besok masih kita layani,” sebut Kepala Desa Mattone, Andi S Jaya, kepadabakabar.com, Kamis (11/4/2019).

Baca Juga: Madu Hutan Mangkalapi 'Mejeng' di Tanbu Expo 2019

img

Kepala Desa Mattone Andi S Jaya saat menimbang sampah plastik yang dikumpulkan warga. Foto-Istimewa

Menurut Andi, kegiatan jalan sehat yang digagas Pemerintah Desa Mattone tidak hanya kegiatan seremonial saja, tetapi juga untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat terhadap kebersihan lingkungan.

Sebagai kepala desa, ia berkomitmen untuk mengurangi sampah plastik di wilayah Pagatan, terutama di Desa Mattone. Sejauh ini, sampah-sampah plastik paling banyak berasal dari oknum pedagang pentol dan es keliling yang sering kali membuang sampah sembarangan.

“Kita harapkan dengan cara ini mereka tidak membuang sampah sembarangan lagi,” katanya.

Terkait kegiatan jalan santai, Andi menuturkan kupon tersebut akan diundi setelah jalan santai selesai dilaksanakan. Sementara sampah-sampah yang sudah terkumpul akan diangkut oleh petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup di Kecamatan Kusan Hilir.

Kegiatan jalan santai dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Tanbu ke 16 itu menyediakan banyak hadiah, di antaranya 3 unit sepeda gunung, 1 unit mesin cuci, 7 unit kompor gas, dan beragam hadiah menarik lainnya.

Baca Juga: Tanbu Expo 2019 Dibuka, Sudian Noor Langsung Cicipi Pentol Ikan

Reporter: Puja MandelaEditor: Syarif



Komentar
Banner
Banner