kesehatan

Gejala Penyakit yang Bisa Dilihat Lewat Kuku

Selain fungsi estetika, tampilan kuku ternyata jadi salah satu area dengan deteksi yang menandakan adanya infeksi bakteri atau cedera.

Featured-Image
Mendeteksi gejala penyakit dapat dilakukan lewat warna kuku (Foto: Bisniscom)

bakabar.com, JAKARTA - Selain melindungi jari, kuku bagian dari tubuh manusia yang dapat digunakan sebagai penunjang penampilan, terutama bagi wanita.

Tak mengherankan kalau lapisan keras yang kerap dipakai untuk menggaruk ini pun memiliki sejumlah treatment semisal mengecatnya dengan aneka corak.

Selain fungsi estetika, tampilan kuku ternyata jadi salah satu area dengan deteksi yang menandakan adanya infeksi bakteri atau cedera.

Contohnya, kuku yang sehat biasanya tumbuh kira-kira 3,5 mm per bulannya. Ini dipengaruhi oleh asupan nutrisi obat-obatan, penyakit, dan proses penuaan tubuh.

Baca Juga: Hati-Hati! Bahaya Perangkap Pinjol demi Gaya Hidup

Kuku Pendeteksi Penyakit

Kuku merupakan bagian anatomi tubuh yang masih termasuk ke dalam jaringan kulit. Di mana terdapat jaringan protein yang disebut keratin seperti pada rambut.

Itulah yang membuat kuku memiliki tekstur padat dan keras serta tumbuh secara cepat. Sehingga jika ada perubahan jaringan pada tubuh, maka bisa berpengaruh pula akan perubahan pada kuku tersebut.

Kondisi itulah yang membuat kuku dapat mendeteksi adanya gangguan kesehatan di tubuh. Mulai dari perubahan warna hingga tekstur kuku.

Berikut ini adalah tanda-tanda perubahan pada kuku yang berkaitan dengan masalah Kesehatan:

1. Kuku menguning

Faktor ini bisa dipengaruhi oleh penggunaan kuteks yang terlalu sering, karena bahan kimia yang terdapat pada kuteks jika dipakai dalam waktu jangka panjang akan membuat perubahan pada kuku menjadi menguning.

Namun perubahan warna tersebut juga kemungkinan terjadi permasalahan kesehatan di tubuh seperti diabetes, psoriaris, atau masalah pernapasan (bronkitis kronis atau sinusitis).

2. Kuku kering dan rapuh

Kondisi kuku yang mudah sekali patah, bisa disebabkan oleh bahan-bahan kimia keras seperti aseton atau cairan pembersih kuteks, sabun deterjen pencuci baju atau pencuci piring.

Adapun cara untuk mengatasi nya dengan memperbanyak asupan makanan yang kaya akan Vitamin A, B, C dan gunakan selalu pelembab di kulit area kuku.

3. Kuku putih kecoklatan

Ujung kuku yang berwarna coklat bisa jadi ini pertanda gangguan kesehatan yang cukup serius yaitu gagal ginjal. Hal itu menyebabkan perubahan kimiawi dalam darah yang membuat melanin dilepaskan ke dasar kuku. Oleh sebab itu penderita gagal ginjal memiliki kuku dengan kondisi 2 warna tersebut.

4. Kuku berwarna bercak putih atau kebiruan

Kondisi kuku yang memiliki warna bercak putih kebiruan bisa jadi pertanda tubuh kekurangan oksigen. Hal itu bisa menjadi pertanda gangguan pada jantung dan paru-paru.

5. Kuku menghitam

Kondisi warna ini terjadi karena adanya darah di bawah kuku. Penyebabnya bisa diakibatkan oleh luka yang terjadi karena mengalami cedera akibat kecelakaan di area tersebut.

Namun apabila warna hitam ada di atas permukaan kuku dan diikuti oleh pertumbuhan kuku yang sakit, waspadalah bahwa ini merupakan pertanda penyakit melanoma, yaitu kanker kulit.

Itulah sederet infirmasi mengenai deteksi penyakit yang dapat muncul pada area kuku. Bagaimana dengan warna kuku Anda?

Editor


Komentar
Banner
Banner