Mudik Lebaran 2023

Ganjar Ingatkan Pemudik Jaga Kebersihan Selama Istirahat di Jalan Tol

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengingatkan kepada para pemudik yang hendak pulang kampung agar ikut menjaga kebersihan, khususnya di tempat istirahat (res

Featured-Image
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Pemprov Jateng)

bakabar.com, JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengingatkan kepada para pemudik yang hendak pulang kampung agar ikut menjaga kebersihan, khususnya di tempat istirahat (rest area) maupun di sejumlah ruas jalan tol.

Hal itu disampaikan usai mengecek persiapan arus mudik Lebaran di Rest Area Pendapa KM 456, Jalan Tol Semarang-Solo, Kota Satiga, Kamis (6/4).

Dalam kunjungannya tersebut Ganjar juga meminta agar penyedia tempat istirahat juga menjaga kebersihan toilet. Tak hanya itu, juga diperlukan edukasi secara menyeluruh kepada para pemudik agar tidak membuang sampah sembarangan.

"Saya juga minta tempat sampah ditambah," katanya seperti dilansir Antara.

Baca Juga: Ganjar-Koster Tolak Israel, PDIP: Laksanakan Ideologi Megawati

Dalam sidak yang dilakukan tersebut Ganjar menyusuri ketersediaan tempat sampah dan kebersihan toilet. Meski begitu, ia menyayangkan rest area tersebut tidak menyediakan SPBU.

"Tadi dari pengelola mengatakan, Pertamina akan memasang SPBU modular saat mudik dan balik Lebaran. Jadi, sudah betul, intinya semua layanan harus disiapkan dengan baik," ujarnya.

Ganjar juga meminta pengelola rest area agar menyiapkan langkah antisipasi terjadinya penumpukan pemudik. Salah satunya dengan menyiapkan petugas untuk berkeliling mengingatkan pemudik agar tidak terlalu lama di rest area.

Baca Juga: Ganjar Minta Timnas U-20 Terus Berlatih: Ini Bukan Kiamat!

Ganjar mengapresiasi keberadaan rest area tersebut mtelah menyiapkan jalur take away bagi penjual. Hal itu akan membuat pelayanan semakin cepat dan melancarkan sirkulasi kendaraan pemudik di rest area.

Kepada pemilik toko dan UMKM, Ganjar juga mengingatkan agar menjual dengan harga yang wajar dengan tidak menaikkan harga terlalu tinggi.

"Tolong harganya jangan ngepruk, tidak usah dinaikkan, dan tetap seperti ini, karena Insya Allah rezeki akan bertambah, sebab kita perkirakan mudik kali ini akan betul-betul dahsyat," katanya.

Editor


Komentar
Banner
Banner