Pemkot Banjarmasin

Forkompinda Banjarmasin Sidak RPH Basirih

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Banjarmasin melajukan inspeksi mendadak (sidak) ke Rumah Pemotongan Hewan Basirih, Kamis (22/6).

Featured-Image
Forkopimda Banjarmasin sidak ke RPH Basirih. Foto- apahabar.com/Riyad

bakabar.com, BANJARMASIN - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Banjarmasin melajukan inspeksi mendadak (sidak) ke Rumah Pemotongan Hewan Basirih, Kamis (22/6).

Sidak itu dilakukan untuk memastikan stok dan kondisi kesehatan hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 hijriah yang tinggal sepekan lagi.

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mengatakan, jika sidak yang dilakukan ini untuk memastikan stok hewan kurban di Banjarmasin cukup. 

Ditambah lagi, menjelang hari raya Idul Adha, permintaan sapi kurban semakin meningkat. Dijelaskannya, jika kebutuhan sapi kurban terpenuhi maka tidak akan berimbas pada kenaikan harga sapi. 

"Jadi selain untuk hewan kurban juga untuk memastikan stok untuk di pasar cukup," jelasnya. 

Tak hanya itu, menurutnya, ia juga harus memastikan distribusi sapi harus yang sehat dan bebas dari penyakit mulut dan kuku. 

"Sapi yang ada di RPH memang rutin diperiksa. Sapi-sapi ini berasal dari NTT, Kupang, Madura, dan Bali," katanya. 

Ia menjamin sejauh ini sapi yang ada di RPH Basirih dalam kondisi sehat. "Total kebutuhan sapi setiap musim Idul Adha mencapai 2.600 ekor. Nah itu semua masih cukup. Di RPH juga ada sekitar 500 ekor sapi yang siap didistribusikan," tandasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner