Kalsel

Firdaus Terpilih, SMSI Harus Jadi Konstituen Dewan Pers

apahabar.com, JAKARTA – Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kalimantan Selatan Milhan Rusli menaruh harapan atas…

Featured-Image
Ketua Serikat Media Siber Indonesia Kalimantan Selatan Milhan Rusli. Foto-Istimewa

bakabar.com, JAKARTA – Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kalimantan Selatan Milhan Rusli menaruh harapan atas terpilihnya Firdaus sebagai Ketua Umum SMSI Pusat.

Milhan berharap organisasi yang menaungi perusahaan media ini dapat menjadi konstituen daripada Dewan Pers.

“Mewujudkan SMSI sebagai salah satu konstituen Dewan Pers merupakan amanah yang utama bagi Firdaus usai terpilih jadi ketua umum,” kata jurnalis senior Kalsel ini.

Milhan hadir dalam Kongres I SMSI di Jakarta sebagai delegasi dari tanah Banua, sebutan Kalsel. Ketua umum terpilih, kata dia, dalam visi dan misinya, berkomitmen mendorong perkembangan anggota SMSI di daerah.

Firdaus juga akan memperhatikan semua proses perizinan media online terutama yang terkait dengan verifikasi. Menurut Milhan, proses perizinan legalitas media online, khususnya mengenai verifikasi media merupakan masalah utama yang dihadapi oleh media online di seluruh Indonesia.

“Ini yang kita tunggu seperti apa bantuan yang bisa diberikan oleh SMSI pusat nantinya bagi media online di daerah,” tambah Milhan.

Adapun, dalam Kongres I SMSI di lantai 4 gedung PWI Pusat di Jakarta, Jumat (20/12), Firdaus unggul atas Teguh Santosa. Dari total 27 suara, Firdaus meraih 14 suara, Teguh 12 suara dan 1 suara abstain.

"Terima kasih kawan-kawan, dalam pemilihan ini tidak ada yang menang dan tidak ada yang kalah, sebab semua untuk kepentingan SMSI ke depan yang lebih baik," kata Firdaus memberikan sambutan usai terpilih.

Kongres I SMSI dihadiri oleh Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari yang juga pendiri SMSI. Serta utusan dari 27 pengurus SMSI dari 27 provinsi. Dalam kongres ini, ada dua kandidat yang maju, yakni Teguh Santosa dan Firdaus. Sedangkan Auri Jaya yang dikabarkan akan maju, tidak mendaftar sebagai calon ketua umum.

Pantauan bakabar.com, kongres berlangsung tertib, aman dan kondusif. Meski berlangsung hanya sehari, Kongres berjalan sesuai dengan agenda awal, yakni merevisi anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) SMSI, serta menyusun program kerja dan memilih ketua umum yang baru untuk lima tahun mendatang.

Sosok Firdaus bukanlah orang baru di SMSI. Dia salah satu pendiri SMSI, dan menjabat sekretaris jenderal di SMSI. Mantan ketua PWI Banten dua periode ini juga menjabat sebagai wakil ketua Bidang Organisasi di PWI Pusat. Selain memang dikenal tokoh pers, Firdaus juga mendirikan sekolah jurnalistik plus di Serang, Banten.

Adapun program prioritas SMSI saat ini adalah menjadi konstituen Dewan Pers, sebagai organisasi yang merupakan perkumpulan para pemilik media siber. Organisasi SMSI, saat ini menjadi organisasi gabungan pemilik media online terbesar di Indonesia.

Baca Juga: M Nuh Bicara Pentingnya Media Independen di Kalsel

Baca Juga: Peringati Hari Ibu, DPD PDIP Kalsel Gelar Beragam Kegiatan

Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner