Sport

Filosofi Burung Tinjau Maskot Porprov XI Kalsel 2022 di HSS

Pekan Olahraga Provinsi atau Porprov XI Kalsel 2022 di Hulu Sungai Selatan (HSS) mengusung maskot burung tinjau. Lantas apa filosofinya?

Featured-Image
Burung tinjau jadi maskot Porprov XI Kalsel 2022 di HSS diperkenalkan dalam Chef de Mission Meeting Venue Porprov XI yang berlangsung di Banjarmasin, Kamis (13/4/2022). Foto-Pemprov Kalsel

bakabar.com, BANJARMASIN - Pekan Olahraga Provinsi atau Porprov XI Kalsel 2022 di Hulu Sungai Selatan (HSS) mengusung maskot burung tinjau. Lantas apa filosofi di balik pemilihan maskot tersebut?

Maskot Porprov Kalsel XI 2022 di HSS berupa burung tinjau baru saja diperkenalkan. Tepatnya saat Chef de Mission Meeting Venue Porprov XI yang berlangsung di Banjarmasin, Kamis (13/4) kemarin.

Dipilihnya burung tinjau oleh tuan rumah Poprov XI Kalsel 2022, karena di HSS banyak ditemui burung tersebut. Tepatnya di Loksado, kawasan pegunungan Meratus.

Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan Syamsuri Arsyad mengungkapkan, burung tinjau atau lebih luas dikenal sebagai burung murai.

Burung tinjau dipilih jadi maskot menurutnya tidak hanya karena banyak di temui di HSS, namun punya filosofinya. Burung tinjau yang memiliki suara merdu itu memiliki jiwa sportif.

"Burung ini sportif, dia memelihara anaknya dengan baik, banyak filosofi yang bisa diambil dari burung tinjau ini baik dari warnanya dan suaranya," ujar Syamsuri dikutip dari Antara, Jumat (14/10/2022).

Burung tinjau, maskot Porprov XI Kalsel 2022 di Kalsel. Foto-KONI HSS
Burung tinjau, maskot Porprov XI Kalsel 2022 di Kalsel. Foto-KONI HSS

Bahkan pada Porprov Kalsel tahun 2022 ini, tuan rumah HSS menyediakan lomba burung tinjau.

Terlepas dari itu, HSS sebagai tuan rumah Porprov XI Kalsel 2022 yang digelar 5-13 November nanti, sudah siap. Khususnya untuk venue olahraga yang akan menggelar 41 cabang olahraga.

"Jadi tekad kami, sukses prestasi, sukses penyelenggaraan dan sukses pelaporan secara administrasi," ujarnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel Hermansyah menyatakan, optimis Kabupaten Hulu Sungai Selatan bisa menjadi tuan rumah penyelenggaraan Porprov ini dengan baik.

Yang ditekankan pemerintah provinsi, ucap dia, tidak hanya menjunjung sportivitas tinggi pada Porprov ini, namun juga transparan dalam pertanggungjawaban dalam keuangan.

"Jadi pertanggungjawaban administrasi ini harus serius oleh KONI Hulu Sungai Selatan, karena cukup banyak dana hibah dari provinsi untuk kegiatan event olahraga ini," ujarnya.

Baca Juga: Geruduk Kantor KONI Kalsel, Atlet Dayung Protes Tak Tanding di Porprov XI

Editor
Komentar
Banner
Banner