Kalsel

Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2019 Resmi Dibuka

apahabar.com, BANJARMASIN – Kalimantan Selatan tak henti-hentinya memanjakan masyarakat Banua dengan ragam festival kebudayaannya. Kali ini,…

Featured-Image
Meriahnya Festival Wisata Budaya Pasar Terapung.Foto-apahabar.com/Rizal Khalqi

bakabar.com, BANJARMASIN – Kalimantan Selatan tak henti-hentinya memanjakan masyarakat Banua dengan ragam festival kebudayaannya. Kali ini, Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor secara resmi membuka Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2019 di Siring 0 Kilometer, Jumat (23/8) sore.

Pembukaan acara diawali dengan penampilan tari Japin Gumilang dari Sanggar Tari Perpekindo persembahan Dinas Pariwisata Kalsel untuk para tamu undangan. Dalam laporannya Kepala Dispar Kalsel, Dahnial Kifli menyampaikan festival ini dalam rangka mewujudkan kalsel sebagai salah satu destinasi wisata nasional.

"Dan sebagai upaya untuk mendukung visit kalsel 2020. Dispar Kalsel akan melaksanakan festival budaya pasar terapung 2019," ucap Dahnial.

Adapun, tema festival jukung dipilih untuk mempromosikan adat istiadat suku banjar yang pada zaman dulu mayoritas berdagang di atas sungai. Budaya tersebut menurutnya, dapat dijadikan sebagai atraksi dan produk potensial yang layak dijual kepada wisatawan lokal bahkan mancanegara.

Festival ini juga masuk dalam 100 kalender event nasional kementerian pariwisata RI. Wisata sungai diunggulkan untuk menarik minat wisatawan untuk mengetahui lebih jauh tentang festival wisata budaya pasar terapung.

Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin mengharapkan festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2019 dapat memperkaya kebudayaan nusantara

"Kita semakin mengangkat seni dan budaya yang harus dilestarikan. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang berbudaya," ucap Paman Birin kepada awak media.

Kalsel sebutnya adalah provinsi yang beradab, dengan aneka budaya seperti tari-tarian, musik, teater dan lainnya.

"Inilah budaya lokal yang sejatinya harus kita angkat, supaya tidak melupakan bahwa kita ini sebenarnya punya jati diri bangsa," paparnya

Festival budaya pasar terapung merupakan event tahunan yang diselenggarakan untuk memperkenalkan budaya sungai di Kalsel. Melalui festival ini, Paman Birin mengajak masyarakat untuk lebih mengenali berbagai kekayaan budaya yang dikemas dalam sebuah acara.

Selanjutnya, Gubernur dan rombongan bergerak menuju siring 0 kilometer untuk menekan tombol dan pemasangan tanggui sebagai tanda resminya pembukaan Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2019. Dilanjutkan dengan mengunjungi stand Kampung Banjar yang diisi dari Kabupaten/Kota se Kalsel.

Acara kali ini juga dihadiri tamu undangan diantaranya perwakilan Kementerian Pariwisata RI, anggota forum koordinasi pimpinan daerah Kalsel, pimpinan SKPD di lingkup pemerintahan Kalsel. Rangkaian acara dilaksanakan dari 23-25 agustus mendatang dengan berbagai macam hiburan dan perlombaan.

Baca Juga: Tak Dibantu Kemenpora, Biaya Haornas 2019 Rp 5,5 Miliar Sumber APBD Kalsel

Baca Juga: Rumah Sambal Acan Raja Banjar Segera Buka Cabang di Batulicin

Baca Juga: Pengeras Suara Rp 4,8 Miliar Buat DPRD Kalsel

Reporter: Musnita Sari
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner