Sport

Festival Sepakbola U-12 se-Kalsel Resmi Dibuka

Gubernur Kalsel secara resmi membuka festival sepakbola usia 12 tahun antar kabupaten/kota se-Banua.

Featured-Image
Festival sepakbola sebagai wadah menjaring bibit dan bakat sejak dini. Foto-adpimprov Kalsel

bakabar.com, BANJARBARU - Gubernur Kalsel secara resmi membuka festival sepakbola usia 12 tahun antar kabupaten/kota se-Banua.

Pembukaan festival itu dilakukan di Lapangan Murjani, Banjarbaru, Jumat (2/12).

Festival sepakbola U-12 ini diikuti 16 tim sepakbola dari 8 kabupaten/kota se-Kalsel. Kegiatan ini sebagai upaya pemerintah dalam menjaring bibit dan bakat sejak dini untuk dibina menjadi atlet Banua di masa depan.

"Festival sepakbola ini baru pertama kali dilaksanakan," ucap Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor atau Paman Birin.

Dirinya mengatakan, selain sebagai ajang prestasi dan memenuhi kebutuhan non akademi, festival sepakbola ini juga dapat dijadikan sebagai media meningkatkan kesehatan jasmani anak-anak.

Menurutnya, ini salah satu tujuan pembangunan nasional yaitu peningkatan SDM meliputi kualitas mental dan kualitas fisik agar ke depan Kalsel memiliki generasi yang berkualitas, sehat, dan tangguh.

Melalui festival ini kata dia, hendaknya menjadi bagian sistem pembinaan olahraga dalam mencari bibit-bibit atlet untuk selanjutnya dibina lebih terarah agar anak-anak benar-benar menjadi atlet sepakbola daerah yang telah dipersiapkan sejak dini.

“karenanya, saya harap dapat dilanjutkan dengan memilih pemain terbaik untuk diseleksi, dibina dan dijadikan aset sepakbola daerah," kata Paman.

Ia berharap, festival ini bisa dilaksanakan oleh wali kota/bupati di tingkat kabupaten/kota atau kecamatan terlebih dahulu.

"Baru nanti tingkat provinsi," imbuh Paman.

Para peserta pun diinginkan menjunjung tinggi sprotifitas dan semangat olahraga.

Ketua Panitia Festival Sepakbola U-12 Paman Birin Cup 2022, Pengayom Bayu Aji menyampaikan, kegiatan ini dapat terlaksana berkat inisiasi gubernur dengan melihat banyaknya talenta muda yang ada di Kalsel.

“Festival pertama ini sebagai ajang penguatan bakat dalam berkreasi dan berinovasi sejak dini untuk perkembangan prestasi yang lebih tinggi," singkatnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner