Kalsel

Festival Durian, Tahun Depan Hadirkan Juri Internasional

apahabar.com, BANJABARU – Setelah mendapat penghargaan Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID) pada Festival Durian, tahun depan…

Featured-Image
Festival durian di Desa KIram. Foto-apahabar.com/Nurul Mufidah

bakabar.com, BANJABARU - Setelah mendapat penghargaan Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID) pada Festival Durian, tahun depan Pemprov Kalsel berencana menggelar kegiatan serupa dengan menghadirkan juri internasional.

“Hari ini dihadiri Kalteng dan Kaltim. Tahun depan kita akan menghadirkan provinsi lain, bahkan kalau bisa undang negara lain seperti Thailand dan Vietnam,” janji Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel, Ir Syamsir Rahman kepadabakabar.com, Sabtu (18/1) siang.

Menurutnya, durian lokal mampu bersaing di kontes dunia. “Kita akan coba tandingkan dari segi tekstur, warna dan rasa dan jurinya dari internasional. Karena selama ini mereka yang mengklaim durian mereka bagus,” jelasnya.

Dijelaskannya, dari beberapa segi, durian Kalsel memiliki keunggulan dibanding durian Thailand dan Vietnam.

“Durian mereka dari segi tebalnya saja, sedangkan dari segi aroma mereka kalah dengan kita, dari segi rasa manis punya kita. Itu komentar yang kita dapat kan dari kementerian pertanian negara luar," ungkap Syamsir.

Adapun durian yang disuguhkan dalam festival hari ini sebanyak 32 jenis, merupakan durian pilihan.

img

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel, Ir Syamsir Rahman. Foto-bakabar.com/Nurul Mufidah

“Durian hari ini macam-macam, ada 32 jenis durian yang diikutkan disini, ini semuanya durian pemenang dari tiap kabupaten,” terangnya.

Dikatakannya, Kalsel patut berbangga karena hampir semua kabupaten atau kota menghasilkan durian.

“Jadi di Kalsel kabupatennya hampir semua penghasil durian, sedangkan di provinsi lain hanya beberapa kabupaten. Kita coba lagi ke depannya diperbanyak, khususnya durian durian yang juara,” pungkasnya.

Baca Juga: Pecah Rekor, Festival Durian Paman Birin di Kiram Berlangsung Meriah

Baca Juga: Festival Durian Diserbu Masyarakat, Jalan Menuju Kiram Padat

Reporter: Nurul MufidahEditor: Syarif



Komentar
Banner
Banner