DPRD Balangan

Festival Budaya Meratus 2024 Diharap Dapat Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

Sri Huriyati mengajak warga Balangan menikmati beragam budaya dan tradisi serta permainan tradisional yang ditampilkan Dayak Meratus pada Festival Budaya Meratu

Featured-Image
Anggota DPRD Balangan Hj Sri Huriyati Hadiri Festival Budaya Meratus 2024

bakabar.com, PARINGIN - Anggota Komisi II DPRD Balangan, Sri Huriyati Hadi, menghadiri pembukaan Festival Budaya Meratus 2024 di Desa Wisata Budaya Kapul, Kecamatan Halong, Jumat (24/5/2024).

Sri Huriyati mengajak warga Balangan menikmati beragam budaya dan tradisi serta permainan tradisional yang ditampilkan Dayak Meratus pada Festival Budaya Meratus 2024. Mulai dari prosesi tepung tawar sampai penampilan tarian bagintur dari sanggar seni wadian tambai.

“Festival Budaya Meratus 2024 merupakan ajang promosi untuk memperkenalkan keunikan budaya lokal melalui tradisi yang tumbuh di masyarakat pegunungan meratus yang belum banyak diketahui umum,” ujarnya.

Sri mengungkapkan, festival ini berlangsung dari 24 hingga 26 Mei 2024, dan akan menampilkan berbagai pertunjukan seperti tarian adat serta sanggar seni.

“Diharapkan dengan adanya perstival budaya meratus ini masyarakat Balangan bisa meningkatkan perkembangan kehidupan warga Balangan dan meningkatkan ekonomi masyarakat nantinya,” ujarnya.

Menurut Sri, pada ajang pertunjukan beberapa tarian adat yang disajikan dapat dimaknai bahwa masyarakat halong masih menjujung tinggi adat istiadat dari leluluh nenek moyang terdahulu. 

“Berbagai ritual dan prosesi adat dipertunjukkan pada event Festival Budaya Meratus 2024 kali ini,” katanya.

Ia juga membeberkan, beberapa tradisi lokal yang ditampilkan pada Festival Budaya Meratus 2024 kali ini, antara lain Tari Bagintur yang diyakini dapat menghadirkan roh leluhur dan Matu’u atau tradisi menumbuk padi.

“Saya yakin dengan adanya Festival Budaya Meratus 2024 ini, Pemkab Balangan bisa meningkatkan objek wisata di daerah Balangan khususnya di kecamatan-kecamatan yang memiliki daya tarik wisata,” tutupnya. 

Editor


Komentar
Banner
Banner