Habar Pemilu 2024

Evaluasi Pemberkasan Bacaleg, Nasdem Sambangi KPU Batola

Meski belum resmi mendaftar, DPD Partai Nasional Demokrat (NasDem) Barito Kuala (Batola) membawa sejumlah bacaleg ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat

Featured-Image
Sejumlah pengurus dan bacaleg DPD Partai NasDem Batola menyambangi Kantor KPU setempat, Rabu (10/5). Foto: apahabar.com/Bastian Alkaf

bakabar.com, MARABAHAN - Meski belum resmi mendaftar, DPD Partai Nasional Demokrat (NasDem) Barito Kuala (Batola) membawa sejumlah bacaleg ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Rabu (10/5).

Diiringi sinoman hadrah, kedatangan mereka bermaksud mengevaluasi beberapa data bacaleg yang terinput dalam Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

Seperti parpol lain, sebagian berkas personal bacaleg NasDem belum lengkap, karena masih dalam proses perampungan di instansi terkait.

Di antaranya surat keterangan sehat jasmani dan rohani, serta surat keterangan belum pernah dipidana.

Selain melakukan pengecekan bersama, mereka juga memperoleh berbagai masukan dari KPU dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Batola.

"Alhamdulillah kami mendapat banyak masukan, terutama terkait kelengkapan berkas bacaleg dan keterwakilan perempuan," papar H Bahrian Noor, Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD NasDem Batola.

"Bahkan dari 35 bacaleg yang akan didaftarkan, kami kelebihan kuota keterwakilan perempuan. Artinya kami sudah siap menghadapi semua tahapan Pemilu 2024," imbuhnya.

Mengingat progres perampungan semua berkas personal yang cukup positif, DPD NasDem Batola akan mendaftarkan secara resmi bacaleg antara 12 Mei atau 13 Mei 2023.

Adapun berdasarkan jadwal yang dikonfirmasi parpol kepada KPU Batola, hari-hari terakhir pendaftaran terbilang cukup padat.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Garuda dijadwalkan akan melakukan pendafaran bacaleg, Kamis (11/5).

Disusul Partai Perindo, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gelora, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Partai Buruh, Jumat (12/5).

Kemudian Partai Bulan Bintang (PBB) dijadwalkan mendaftar, Sabtu (13/5). Sementara Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan parpol lain belum mengonfirmasi jadwal.

"Tentu kami berharap pendaftaran tak menumpuk di hari terakhir atau 14 Mei 2023, meski pelayanan akan berlangsung hingga pukul 23.59," sahut Muhammad Ali, Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Batola.

"Sebenarnya sudah jauh-jauh hari, kami sudah menyampaikan teknis pendaftaran. Juga terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait, terutama instansi yang terkait persyaratan bacaleg," sambungnya.

Kemudian setiap parpol dan bacaleg juga diingatkan agar semua dokumen yang diunggah melalui Silon, benar-benar sah dan sesuai ketentuan.

"Bagaimanapun syarat yang tidak terpenuhi akan berdampak besar kepada parpol dan bacaleg," timpal Rahmatullah Amin, Ketua Bawaslu Batola.

"Selain diawasi sistem aplikasi pendaftaran, kedepan masih terdapat tahapan masukan dan tanggapan masyarakat. Makanya kami berharap semua dokumen yang diserahkan merupakan sebenar-benarnya demi kelancaran pelaksanaan pemilu," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner