Kalsel

Enggan Garap Batu Bara, HST Maksimalkan Sektor UMKM

apahabar.com, BARABAI – Mendukung pertumbuhan dan pengembangan Usaha Kecil dan Mikro (UKM) di Kabupaten Hulu Sungai…

Featured-Image
Ilustrasi UMKM. Foto-Istimewa

bakabar.com, BARABAI – Mendukung pertumbuhan dan pengembangan Usaha Kecil dan Mikro (UKM) di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Dinas Perdagangan setempat menggelar pelatihan kewirausahaan. Pelatihan itu telah diagendakan dari 26 Juni hingga hari ini, Kamis (27/6).

Diikuti oleh 44 UKM, terdiri dari pelaku usaha kuliner, kios, pengrajin dan herbal instan di HST. Kadisdag HST, Ali Fahmi menuturkan, pelatihan didasari banyaknya tantangan yang dihadapi oleh UKM. Terutama dalam memulai bisnis dan meningkatkan skala bisnis yang dimiliki oleh kelompok itu.

"Program ini bertujuan untuk untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan pelaku usaha UKM di HST," kata Ali Fahmi di Aula Disdag, Kamis (27/06).

Melalui pelatihan itu, dijelaskan Fahmi dapat memperoleh pengetahuan yang memadai tentang tata kelola administrasi dalam menjalankan usaha.

Sebab menurut dia, dengan manajemen yang baik, UKM bisa berkembang bahkan naik kelas menjadi menengah hingga besar.

“UKM harus bisa membaca peluang pasar dan mengikuti perkembangan dalam hal promosi secara langsung maupun memanfaatkan IT melalui media online,” terang Fahmi

Dalam pelatihan itu, tampak beberapa ahli memberikan materi serta berbagi pengalaman dan tips dalam mengembangkan usaha.

Dikatakan Fahmi, tenaga ahli itu sebagai narasumber dalam hal kewirausahaan, tata cara pinjaman UKM, kiat sukses membangun usaha, perkoperasian serta sistem akuntansi sederhana UKM.

“Saya berharap UKM dapat mengembangkan usahanya. Agar HST jadi kiblat UKM khususnya di Kalimantan Selatan atau bahkan secara nasional dalam skala luas,” ujar Fahmi.

Menariknya, di pengujung pelatihan, Fahmi menekankan kepada semua UKM bahwa saat ini HST berkomitmen tidak akan menambang dan menggarap perkebunan kelapa sawit.

img

Pelaku UKM di HST mengikuti kegiatan pelatihan kewirausahaan di Aula Disdag HST. Foto-bakabar.com/Hawari

Baca Juga:Semrawutnya Pasar Agrobisnis Modern Barabai

Baca Juga: Mengintip Dapur Kue Lam Bakar Syarifah Khas Barabai

Reporter: Ahc11Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner