Earbuds

Enggak Rusak, Ini Penjelasan Daya Baterai Earbuds Bagian Kanan dan Kiri Berbeda

Jagat maya tengah ramai kala membicarakan mengenai persentase baterai earbuds kanan dan kiri yang berbeda.

Featured-Image
Daya baterai earbuds kanan dan kiri berbeda. (Foto: Scarbir)

bakabar.com, JAKARTA - Jagat maya tengah ramai kala membicarakan mengenai persentase baterai earbuds kanan dan kiri yang berbeda.

Kasus bermula saat pengguna yang bingung lantaran earbuds miliknya memiliki sisa daya baterai yang berbeda padahal digunakan secara bersamaan.

Sontak timbul pertanyaan mengapa hal itu bisa terjadi. Apakah perangkat audio tersebut rusak sebelah sehingga sisa daya baterainya berbeda?

Jika Anda mengalami hal yang serupa maka tidak perlu khawatir. Pasalnya bisa jadi earbuds Anda tidak rusak dan ada penjelasan dibaliknya.

Baca Juga: Xiaomi Rilis Smartwatch dan Earbuds Baru, Libur Lebaran Makin Bergaya

Sebagaimana diketahui, earbuds memang dibekali baterai yang berbeda pada kedua sisi. Persentase kedua baterai pun dapat dipantau melalui perangkat.

Jika Anda menyambungkan earbuds pada perangkat seperti laptop atau handphone lalu menemukan daya baterai kanan dan kirinya berbeda, itu karena kala digunakan bersamaan, salah satu buds (bisa kanan atau kiri) beroperasi sebagai perangkat atau buds utama untuk mengakses berbagai fitur.

Fitur yang dimaksud beragam, mulai dari memutar atau menjeda audio hingga mengatur volume audio.

Oleh karena itu, buds yang berfungsi sebagai buds utama bisa mengonsumsi atau menghabiskan baterai lebih cepat ketimbang buds yang lain karena memakan daya lebih besar.

Baca Juga: Huawei Watch Buds Hadir Kombinasikan Jam Tangan dan Earbuds

Lebih lanjut, Anda sebagai pengguna juga bisa mengatur buds mana yang akan menjadi buds utama untuk mengatur fitur-fitur tersebut.

Selain hal itu, jika Anda memiliki kebiasaan untuk menggunakan satu sisi earbuds saja juga bisa menjadi faktor mengapa daya baterai kedua earbuds bisa berbeda.

Hal itu karena saat menggunakan satu buds, maka hanya buds tersebut yang mengonsumsi daya, sedangkan buds yang lain tidak.

Jadi dapat disimpulkan bahwa persentase baterai earbuds berbeda antara kanan dan kiri dapat terjadi karena dipengaruhi bagaimana cara pengguna memakainya.

Editor


Komentar
Banner
Banner