Hiburan

Duta FFI 2023, Para Lintas Generasi Peraih Piala Citra

Komite Festival Film Indonesia (FFI) memilih lima aktor sebagai duta Festival Film Indonesia 2023.

Featured-Image
Duta FFI 2023. foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN - Komite Festival Film Indonesia (FFI) memilih lima aktor sebagai duta Festival Film Indonesia 2023.

Mereka adalah Putri Marino, Chicco Kurniawan, Laura Basuki, Lukman Sardi, hingga Christine Hakim.

"Mereka dipilih menjadi Duta FFI 2023 atas pertimbangan pencapaian dan perannya dalam perfilman Indonesia baik di skala Nasional maupun Internasional," tulis Komite FFI dilansir dari CNN Indonesia, Sabtu (1/4).

Prestasi Para Duta FFI 2023

Duta FFI 2023. Foto-net
Duta FFI 2023. Foto-net

Christine Hakim tercatat sebagai peraih 8 Piala Citra untuk kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik, Pemeran Pendukung Wanita Terbaik, dan peraih Penghargaan Seumur Hidup FFI 2016.

Kemudian Lukman Sardi pernah menang Piala Citra kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik FFI 2007.

Sementara itu, Laura Basuki meraih Piala Citra kategori Pemeran Utama Perempuan Terbaik FFI 2010 dan 2020.

Lalu Putri Marino dalam kategori Pemeran Utama Perempuan Terbaik FFI 2017 dan 2022.

Setelah itu, Chicco Kurniawan meraih Piala Citra kategori Pemeran Pria Terbaik FFI 2021.

"Mereka akan bertugas sebagai wajah FFI hingga Malam Anugerah yang akan diadakan pada 18 November 2023," kata Komite.

Tema FFI 2023

Ketua Komite FFI, Reza Rahadian mengumumkan Festival Film Indonesia tahun ini akan mengangkat tema "Citra".

Nama tersebut dipilih dengan makna "bayangan" atau "imaji" yang terinspirasi dari sajak karya Usmar Ismail.

"'Citra' disematkan sebagai nama anugerah perfilman Indonesia yang telah diberikan sejak 1967 dan menjadi simbol supremasi tertinggi perfilman Indonesia," tulis Komite FFI.

"Piala Citra yang diberikan setiap tahun menjadi benang merah capaian perfilman Indonesia yang membentuk peta dinamika dan kemajuan perfilman Indonesia dahulu, kini, dan nanti," lanjut mereka.

"Tema ini dipilih sebagai tema umum festival dan tidak mengikat tema film-film yang akan berpartisipasi pada FFI 2023," tulis Komite FFI.

Terkait dengan partisipasi film untuk kompetisi FFI 2023, Komite juga membuka secara resmi pendaftaran FFI 2023. Pendaftaran seluruh kategori penjurian FFI 2023 dilaksanakan secara daring di laman resmi mereka.

Pendaftaran film cerita panjang dilaksanakan pada 30 Maret-15 Agustus 2023; kemudian film non cerita panjang yang mencakup film cerita pendek, dokumenter, dan animasi akan dilaksanakan bersamaan dengan pendaftaran kritik film pada 30 Maret - 31 Agustus 2023.

Selain Reza Rahadian selaku Ketua, Komite FFI hingga 2023 terdiri dari Garin Nugroho sebagai Ketua Bidang Penjurian, Inet Leimena sebagai Ketua Bidang Acara, Linda Gozali sebagai Sekretariat, Nazira C Noer dan Emira P Pattiradjawane sebagai Humas, serta Gita Fara di bidang Pengembangan Usaha.

Editor


Komentar
Banner
Banner