Pemprov Kalsel

Dukung Peningkatan Minat Baca, Kadispersip Kalsel: UPP Mentewe Punya Peran Strategis

apahabar.com, BANJARBARU – Pemprov Kalsel mengapresiasi Unit Pelayanan Perpustakaan Kabupaten Tanah Bumbu yang memiliki peran strategis…

Featured-Image
Kepala Dispersip Kalsel, Hj Nurliani, saat mengunjungi Unit Pelayanan Perpustakaan Kabupaten Tanah Bumbu, baru-baru ini. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARBARU – Pemprov Kalsel mengapresiasi Unit Pelayanan Perpustakaan Kabupaten Tanah Bumbu yang memiliki peran strategis dalam mendukung peningkatan minat membaca di Banua.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan (Dispersip) Kalsel, Hj Nurliani, saat mengunjungi Unit Pelayanan Perpustakaan (UPP) Kabupaten Tanah Bumbu, baru-baru ini.

Sebagai informasi, sarpras UPP Mentewe ini merupakan bantuan hibah dari Pemprov Kalsel melalui Dispersip Provinsi Kalsel Tahun 2012 lalu.

Karena memiliki wilayah yang luas,
Kadispersip Kalsel menyarankan agar Tanah Bumbu membentuk beberapa UPP per-kecamatan atau per-wilayah.

“Agar pelayanan perpustakaan kepada pemustaka yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan indeks literasi di Tanbu maksimal,” ucapnya.

UPP tersebut, kata dia, merupakan perpanjangan tangan dari perpustakaan induk yang ada di kabupaten.

Dalam kunjungannya ke Tanah Bumbu, Hj Nurliani juga menyempatkan diri untuk mengunjungi destinasi objek wisata Goa Liang Bangkai, di Kecamatan Mentewe.

Dia sangat terkesan dengan objek wisata tersebut. “Ini sangat bagus, menarik sekali,” ucapnya.

Dia mengungkapkan destinasi wisata itu dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat.

“Awal 2021 mereka ada memasukkan proposal permintaan koleksi bahan pustaka kepada Dispersip Tanbu. Sementara koleksi di sana sangat jauh dari memadai, sehingga kemudian diteruskan ke Dispersip Provinsi Kalsel. Nah, sekalian saja kami lihat lokasinya secara langsung,” katanya.



Komentar
Banner
Banner