Pengembangan UMKM

Dukung Pelaku Usaha, Kecamatan Tenggarong Seberang Bakal Bangun UMKM Center

Pemerintah Kecamatan Tenggarong Seberang, terus berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Featured-Image
Camat Tenggarong, Tego Yuwono dalam sebuah kunjungan ke masyarakat. Foto: Istimewa.

bakabar.com, TENGGARONG - Pemerintah Kecamatan Tenggarong Seberang, terus berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Tercatat ada sekitar 1.600 pelaku UMKM yang tersebar di 18 desa di Kecamatan Tenggarong Seberang.

Untuk mendukung perkembangan usaha pelaku UMKM di Kecamatan tersebut, Camat Tenggarong Sebrang, Tego Yuwono berencana membangun UMKM center untuk mendukung kemajuan masyarakatnya yang melakukan usaha.

Pembangunan ini ditujukan untuk memberikan wadah edukasi dan pembinaan bagi pra-pelaku UMKM di Tenggarong Seberang. Tempat itu juga akan memberikan akses bantuan bagi pelaku UMKM yang ingin menerbitkan dokumen administrasi.

Baca Juga: DiskopUKM Kukar Gelar Pelatihan untuk Dukung Kemajuan UMKM

Paling penting adalah sebagai tempat mempromosikan dagangan yang ingin dipasarkan oleh para pelaku UMKM di Kecamatan Tenggarong Seberang.

"Jadi supaya orang datang ke satu titik saja. Jadi dari 18 desa itu ada di sana semua testernya," tutur Tego Yuwono, Rabu (8/11).

Ia menyebut, aneka hasil olahan para pelaku UMKM yang berada di Tenggarong Seberang bisa dikumpulkan di sana, seperti olahan keripik, belut, hingga makanan ringan lainnya.

Kukar Mitra Pembangunan IKN-bakabar.com
Kukar Mitra Pembangunan IKN.Foto: Diskominfo Kukar.

Selain itu, pihaknya kini juga sedang aktif melakukan sertifikasi halal kepada para pelaku UMKM. Tujuannya agar, produk UMKM yang ada bisa masuk pada pasar-pasar modern.

Tego mengungkapkan mereka juga telah memberikan akses kepada pelaku UMKM untuk dapat menjual produknya ke beberapa perusahaan yang ada di Tenggarong Seberang.

"Ketika packingnya sudah bagus, sudah memenuhi standar maka kami bantu juga ke perusahaan," pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Editor


Komentar
Banner
Banner