Pemkab Banjar

Dukung Ketahanan Pangan, Bupati Banjar Kembali Panen Raya Sayuran

Bupati Banjar kembali melakukan Panen Raya Kacang Tanah dan Jagung Manis program Ketahanan Pangan Desa Gunung Ulin, Kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar.

Featured-Image
Bupati Banjar kembali Panen Raya Kacang Tanah dan Jagung Manis program Ketahanan Pangan Desa Gunung Ulin, Kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar, Kamis (29/2). foto-MC Banjar

bakabar.com, MARTAPURA - Bupati Banjar, H Saidi Mansyur, kembali melakukan panen raya kacang tanah dan jagung manis dalam program ketahanan pangan di Desa Gunung Ulin, Kecamatan Mataraman, Kamis (29/2).

Menggunakan Anggaran Dana Desa, lahan yang ditanami seluas sekitar 3,5 hektare. Uniknya program ini memanfaaatkan lahan di sela tanaman sawit yang masih berumur 1 hingga 2 tahun di HGU PTPN IV Regional V.

“Program tersebut dapat menyediakan bahan pangan, sehingga warga Gunung Ulin tidak harus jauh-jauh mencari sayuran, palawija dan lainnya," ungkap Saidi.

"Pemkab Banjar juga berupaya meningkatkan produksi kacang tanah melalui sinergi dengan Pemdes Gunung Ulin melalui pemanfaatan 20 persen dana ketahanan pangan dalam APBDes," imbuhnya.

Sebagai tindak lanjut, Dinas Pertanian Banjar melalui BPP Mataraman juga diinstruksikan agar menjadi pembina pelaksanaan program ketahanan pangan di Gunung Ulin.

“Pemkab Banjar siap mendukung dan berkomitmen dalam program ketahanan pangan. Pemerintah selalu hadir bersama petani dalam upaya meningkatkan produksi pangan untuk kesejahteraan petani,” tutup Saidi.

Editor


Komentar
Banner
Banner