Dishut Kalsel

Dukung Hari Pers Nasional, Paman Birin Siapkan Areal Penanaman di MH2T Banjarbaru

apahabar.com, BANJARBARU – Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor mendukung penuh pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2020…

Featured-Image
Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor mendukung penuh pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Banjarmasin, yang akan berlangsung, 6-9 Februari nanti. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARBARU – Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor mendukung penuh pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Banjarmasin, yang akan berlangsung, 6-9 Februari nanti.

Bahkan Gubernur melalui Kadishut Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq telah menyediakan lahan penanaman bibit di Areal Miniatur Hutan Hujan Tropika (MH2T), dan Persemaian Permanen BPTH Banjarbaru.

"Dukungan yang dimaksud pak gubernur berupa kegiatan penanaman bibit pohon di Areal Forest City. Letaknya tak jauh dari lokasi pelaksanaan HPN 2020 yang berpusat di Kantor Gubernur Kalsel," ucap Hanif Faisol Nurofiq melalui siaran pers yang diterima bakabar.com, Rabu (29/1) siang.

Dalam kesempatan peninjauan lokasi penanaman itu, sejumlah pejabat Eselon III Dishut Kalsel turut serta mendampingi. Termasuk Kepala BPDAS Barito, Zainal Arifin.

Pertemuan pun membahas hal teknis, seperti di mana titik lokasi penanaman.

"Dibantu BPDAS Barito, kami siapkan bibit pohon. Nanti akan diberi nama sesuai perwakilan PWI seluruh Indonesia. Ini menjadi koleksi tanaman endemik lokal provinsi se-Indonesia," ungkapnya.

Tak hanya itu, mereka menyiapkan lokasi penanaman pohon oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Mereka juga merencanakan peresmian Kebun Bibit Desa (KBD) Kalsel dengan menghadirkan kelompok tani hutan (KTH) pelaksana.

"Di Kalsel, KBD ada sebanyak 83 unit. Dengan produksi sekitar 3.320.000 bibit. Rencananya akan kita hadirkan sekitar 500 orang sebagai perwakilan dari masing-masing KBD," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Pendidikan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Nurdjaman Mochtar mengatakam peringatan HPN 2020 akan diisi sejumlah kegiatan, termasuk seminar.

Beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju pun dipastikan hadir. Termasuk Presiden RI, Jokowi.

“Selain menghadiri acara puncak, presiden dijadwalkan akan mencanangkan dimulainya Sapta Desa, dan peresmian Pusat Pembibitan, serta Penghijauan Nasional,” bebernya.

Gayung bersambut, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya turut memberikan dukungan terkait pelaksanaan HPN 2020 di Kalsel.

"Acara HPN bagus. Kita dukung dengan penanaman bibit pohon. Tujuannya untuk pemulihan lingkungan agar tetap segar dan sehat," ujarnya.

Sebelumnya, kepastian hadirnya presiden Jokowi dalam acara puncak HPN 2020 disampaikan Ketua Umum PWI, Atal S Depari.

Keputusan itu setelah PWI beraudiensi bersama Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Senin lalu.

Baca Juga: Jalankan Perda, Pengelola Tarik Retribusi Masuk Wisata Raja Lima Bukit Batu di Aranio

Baca Juga: Dukung Revolusi Hijau, Pejabat di Kecamatan Halong Lakukan Penanaman

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner