Relax

Dukung Gerakan USG Payudara Gratis oleh Lovepink, Musisi Dewa Budjana Lelang Gitarnya

apahabar.com, JAKARTA – Gitaris band Gigi, Dewa Budjana, bakal melelang dua buah gitar yang kini tengah…

Featured-Image

bakabar.com, JAKARTA – Gitaris band Gigi, Dewa Budjana, bakal melelang dua buah gitar yang kini tengah dipamerkan di Distrik Seni, Sarinah. Hasil pelelangan itu nantinya disumbangkan kepada Lovepink sebagai upaya mewujudkan Gerakan 10.000 USG Payudara Gratis.

Budjana memaparkan gitar itu sengaja dia pesan dari perusahaan ternama Amerika. Bukan dalam bentuk utuh, melainkan per bagian agar mudah dilukis.

“Saya sengaja beli, minta body-nya dulu dikirim buat dilukis. Nanti kalau sudah dilukis, dikirim balik untuk dirangkai,” paparnya dalam acara Media Session Indonesia Goes Pink 2022 Rising Up Together di Jakarta, Kamis (15/9/2022).

Gitar tersebut memang merupakan hasil kolaborasi dengan pelukis Putu Sutawijaya dan Eko Nugroho. Selain itu, ada pula gitar yang dilukis oleh Sekar Jatiningrum, seorang perupa yang juga survivor kanker payudara.

Budjana membeberkan bahwa pelelangan diperkirakan bakal dilakukan pada 12 Oktober 2022. Musisi itu memastikan barang yang dilelang bukan cuma gitar.

“Ada juga barang-barang tertentu yang bakal dilelang,” pungkasnya.

Dengan adanya donasi dari pelelangan ini, sang musisi berharap misi-misi Lovepink untuk ke depannya dapat terpenuhi. Utamanya, Gerakan 10.000 USG Payudara Gratis yang tengah berlangsung di enam kota, yakni Jabodetabek, Padang, Yogyakarta, Banjarbaru, Jember, dan Bandung.

Termotivasi dari Lingkungan Sekitar

Budjana mengaku ide pelelangan ini muncul spontan sekira dua tahun lalu. Hatinya merasa tergerak lantaran dikelilingi orang-orang yang berkaitan dengan kanker.

“Pertama kali saya menikah, mertua saya juga aktif kampanye (meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kanker). Sekitar tiga tahun lalu, saya melihat tante saya sendiri kemoterapi,” ujarnya.

Dari kejadian tersebut, sang gitaris Gigi ini mengerti bahwa dukungan orang sekitar adalah hal krusial bagi proses pemulihan para penyintas kanker. Itulah sebabnya, dia ingin lebih banyak orang merasa tak sendirian.

“Kalau saya berpikir, kanker itu bukan musuh, anggap ‘teman’ saja. Karena biasanya apa pun yang kita musuhi, akan tambah melawan,” ungkap musisi itu.

Bukan Pameran yang Pertama

Bagi Budjana, pelelangan ini adalah yang kali pertama dalam hidupnya. Namun, untuk pameran sendiri, ini bukan yang perdana.

Sebelumnya, dia sempat memamerkan sekitar 40 buah gitar yang sudah dilukis pada 2013. Kala itu, dibarengi pula dengan pameran fotografi.

Budjana sendiri memang tengah menggelar pameran koleksi gitar

bertajuk Dawai-Dawai Dewa Budjana. Ekshibisi ini dilangsungkan di Distrik Seni, Sarinah, mulai 9 September hingga 9 Oktober 2022. (Nurisma)



Komentar
Banner
Banner