Tak Berkategori

DPRD Balangan Gelar RDPU Bersama KPU Terkait Pemilu 2024

apahabar.com, PARINGIN – DPRD bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Balangan melaksanakan Rapat Dengar Pendapat Umum…

Featured-Image
RDPU DPRD dengan KPU Balangan terkait daerah Pemilu 2024, Selasa (8/2). Foto-apahabar.com/hendry

bakabar.com, PARINGIN - DPRD bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Balangan melaksanakan Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) mengenai audiensi daerah pemilihan pemilu tahun 2024, Selasa (8/2) di ruang rapat DPRD Balangan.

RDPU dihadiri enam fraksi DPRD Balangan, Golkar, PPP, PDI-P, Nasdem, Indonesia Raya Keadilan Sejahtera, Amanat Bintang Demokrasi dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik serta Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil Kabupaten Balangan.

Ketua KPU Kabupaten Balangan, Saripani mengatakan karena jumlah penduduk di Balangan lebih dari 100 ribu dan kurang dari 200 ribu penduduk oleh karena itu sesuai peraturan Balangan memperoleh alokasi 25 kursi legislatif.

“Berdasarkan data Semester I per Juni 2021 jumlah penduduk di Kabupaten sebanyak 132.210 jiwa,” ucap Saripani.

Saripani juga menjelaskan tentang pembagian – pembagian daerah pemilih di wilayah Kabupaten Balangan beserta jumlah pemilih.

Lanjutnya, Kabupaten Balangan sendiri mempunyai delapan kecamatan, yang terbagi menjadi tiga daerah pemilihan (Dapil) untuk Pileg tingkat Kabupaten.

Ketiga Daerah Pemilihan tersebut yakni Dapil I (Kecamatan Paringin,Paringin Selatan, Kecamatan Lampihong), Dapil II (Kecamatan Juai dan Halong) dan Dapil III (Kecamatan Batumandi, Awayan dan Tebing Tinggi).

“Untuk penetapan daerah pemilih akan dilaksanakan pada tanggal 21 Januari sampai 09 februari 2023 nanti oleh KPU RI,” sebutnya

Sementara itu, salah satu anggota DPRD Balangan, Syahbuddin dari fraksi Indonesia Raya Keadilan Sejahtera, mengatakan kami masih menunggu perhitungan Semester II dan III sehingga mampu mengklaim data pemilih yang akurat.

“Hasil dari pendataan Semester II dan III tahun 2022 akan menentukan jumlah penduduk serta pemilih yang akurat, pastinya akan ada tambahan jumlah penduduk,” ujar Syahbuddin.

Anggota DPRD lainnya, Rusdin Barhiwan dari fraksi Amanat Bintang Demokrasi, mengatakan saat ini pertambahan masyarakat Kabupaten Balangan sangat luar biasa, tentu hal ini sangat berpengaruh pada pelaksanaan Pemilu nantinya.

“Kita ambil contoh perumahan – perumahan yang baru dibangun dari situ kita sudah bisa mengira adanya penambahan penduduk di Kabupaten Balangan,” bebernya

Terakhir, H Rusdi dari Fraksi Nasdem berharap jumlah penduduk Kabupaten Balangan nantinya lebih dari 200 ribu penduduk sehingga mendapat alokasi 30 kursi.

Diketahui, untuk Pemilu Legislatif Tahun 2024 akan dilaksanakan serentak pada 14 Pebuari 2024.



Komentar
Banner
Banner