Tragedi Kemanusiaan

DPR RI Minta Tragedi Kanjuruhan Diusut Sampai ke Akar

Komisi X DPR RI minta tragedi Kanjuruhan agar diusut tuntas

Featured-Image
Anggota Komisi X DPR, Sodik Mudjahid saat menjalani rapat di ruang rapat Komisi X DPR RI. Foto: Instagram/@sodikmudjahid

bakabar.com, JAKARTA - Komisi X DPR buka suara soal tragedi kemanusiaan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang yang mengakibatkan jatuhnya ratusan korban jiwa.

Sodik Mudjahid selaku anggota Komisi X meminta tragedi Kanjuruhan agar diusut tuntas sampai ke akarnya. Ia mengimbau agar semua stakeholder terkait seperti bagian medis serta keamanan agar ikut diperiksa agar permasalahan ini cepat selesai.

"Peristiwa ini, selain harus diusut dari sisi medis dan keamanan juga harus dijadikan hajaran, bukan pelajaran, yang berat, untuk penataan ulang yang mendasar tentang manajemen penonton dan manajemen pendukung suatu klub sepakbola," ungkap Sodik, Minggu (2/10).

Selain itu, semua pemangku kepentingan sepak bola, mulai dari pakar, praktisi, tokoh sosiolog, manajemen massa, hingga tokoh masyarakat harus terlibat dalam menyelesaikan permasalahan ini.

Menurutnya, pendekatan pembinaan dan pendidikan kepada pecinta bola dan para pendukung sebuah klub di Indonesia harus diubah secara fundamental.

"Dimulai soal semangat kebangsaan, persatuan Indonesia, budaya bhineka tunggal ika, sampai pendekatan model fans club modern seperti pendukung klub modern di negara maju,” tandas anggota dewan fraksi Gerindra tersebut.

Menurut Sodik, Jika tidak ada perubahan yang fundamental dan mendasar, hal itu akan menggangu banyak aspek seperti prestasi sepak bola, prestasi klub bahkan sampai kepada sanksi dan kepercayaan FIFA kepada PSSI.

Maka dari itu, ia menekankan agar PSSI dapat mempertegas kebijakan dan menjadi pengendali dalam menuntaskan permasalah sepakbola Indonesia agar hal seperti itu tidak terjadi lagi.

Editor


Komentar
Banner
Banner